Aktivitas

  • Sosialisasi dan pemanfaatan media audio pembelajaran untuk PAUD

    Sosialisasi dan pemanfaatan media audio pembelajaran untuk PAUD

    Sosialisasi dan pemanfaatan media audio pembelajaran untuk PAUD tahun 2017 merupakan salah satu implementasi hasil pengembangan model media audio pembelajaran BPMRPK Kemdikbud. Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua tahap, tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 9 - 10 Oktober 2017 di Kecamatan Minggir, (Kabupaten Sleman), Kecamatan Piyungan, Kecamatan Pleret (Kabupaten Bantul), Kecamatan Semanu (Kab. Gunung Kidul). Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 11 - 12 Oktober 2017 di Kecamatan Ponjong, Kecamatan Tegalrejo (Kota Yogyakarta), Kecamatan Panjatan, (Kabupaten Kulon Progo) dan Kecamatan Ngemplak (Kabupaten Sleman).

    Selengkapnya


  • Rapat Pemilihan Penerima Penghargaan Radio Peduli Pendidikan dan Kebudayaan

    Rapat Pemilihan Penerima Penghargaan Radio Peduli Pendidikan dan Kebudayaan

    Dalam rangka Penilaian Produk Bahan Siar Radio Pendidikan, BPMRPK kembali mengadakan Rapat Dalam Kantor (RDK) tahap 2, melanjutkan proses penyusunan dan ujicoba instrumen penilaian yang telah disusun dalam RDK tahap 1 bulan Juli 2017. Agenda RDK kali ini adalah mendiskusikan hasil penilaian produk terhadap 19 (sembilan belas) program radio yang diajukan oleh 9 (sembilan) partisipan radio mitra.

    Selengkapnya


  • Preview Pena Si Budi

    Preview Pena Si Budi

    Tahun 2017 ini Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program audio pendidikan karakter yang bernama PENA SI BUDI. Tahapan produksi ini dimulai dari penulisan naskah, rekaman, editing dan mixing, preview, serta mastering. Saat ini produksi program PENA SI BUDI memasuki tahapan preview.

    Selengkapnya


  • Penulisan Naskah Bahan Belajar Berbasis Audio/Radio Pembelajaran untuk Tunanetra

    Penulisan Naskah Bahan Belajar Berbasis Audio/Radio Pembelajaran untuk Tunanetra

    BPMRPK di tahun 2017 ini mengembangkan model dan format media audio untuk bahan ajar bagi tunanetra. Mata pelajaran yang akan diproduksi, yakni: bahasa Inggris untuk siswa setingkat SMP dan SMA. Selaras dengan hal ini, maka pada tanggal 24-26 agustus 2017, diadakan finalisasi naskah-naskahnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Penugasan Penulisan Naskah Bahan Belajar Berbasis Audio/Radio Pembelajaran untuk Tunanetra yang dilakukan pada tanggal 18 Juli 2017.

    Selengkapnya


  • Bimbingan Teknis Pemanfaatan Model Media Radio/Audio Pendidikan

    Bimbingan Teknis Pemanfaatan Model Media Radio/Audio Pendidikan

    BPMRPK telah melaksanakan kegiatan bimbingan teknis pemanfaatan model media radio/audio pendidikan (14-16/8/2017). Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan di 6 wilayah di Jawa, meliputi Kabupaten Cirebon dan Kota Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat), Kabupaten Kudus dan Kabupaten Pati (Provinsi Jawa Tengah), serta Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan (Provinsi Jawa Timur).

    Selengkapnya


  • Sesjen Kemdikbud: Tingkatkan Peran Lembaga dan Sinergi Organisasi

    Sesjen Kemdikbud: Tingkatkan Peran Lembaga dan Sinergi Organisasi

    Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Didik Suhardi, Ph.D mendorong setiap SDM di Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) untuk lebih semangat dalam melahirkan metode-metode pembelajaran yang baru, dalam bentuk audio. Hal itu disampaikannya dalam rangka perkenalan Kepala Pustekkom yang baru, Gogot Suharwoto, Ph.D di BPMRPK, Senin pagi (7/8).

    Selengkapnya