Aktivitas

  • RDK Penulisan Naskah Audio untuk PAUD

    RDK Penulisan Naskah Audio untuk PAUD

    Kegiatan Penugasan Penulisan naskah ini dilaksanakan melalui Rapat di Dalam Kantor (RDK) selama 1 hari (20/3) dan melibatkan penulis 12 orang terdiri dari guru TK/PAUD yang ada di DIY, pengkaji materi 6 orang terdiri dari Dosen PAUD UNY dan Praktisi PAUD serta pengkaji media 15 orang yang berasal dari BPMRPK. Para penulis menyusun naskah secara mandiri hingga waktu pelaksanaan finalisasi yang akan dilaksanakan secara bertahap. Finalisasi tahap I dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2018 dan finalisasi tahap II dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2018.

    Selengkapnya


  • Kegiatan Studi Kelayakan Lokasi Sekolah Model Media Audio Pembelajaran

    Kegiatan Studi Kelayakan Lokasi Sekolah Model Media Audio Pembelajaran

    Kegiatan Studi Kelayakan Lokasi Sekolah Model media audio pembelajaran adalah Kegiatan yang mengundang dinas pendidikan dari 21 kabupaten 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal) untuk menentukan sekolah yang layak menjadi sekolah model yang memanfaatkan media audio pembelajaran yang dikembangkan oleh BPMRPK Kemdikbud.

    Selengkapnya


  • Bimtek Pemanfaatan Siaran Radio Pendidikan Gelombang 1

    Bimtek Pemanfaatan Siaran Radio Pendidikan Gelombang 1

    Kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Siaran Radio Pendidikan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan salah satu kegiatan yang diadakan BPMRPK dalam rangka mensosialisasikan produk-produk bahan ajar dan siaran radio pendidikan kepada insan pendidikan di berbagai jenjang. Gelombang pertama dari kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari kamis (15/2), dengan melibatkan 19 orang guru dari berbagai TK/PAUD di provinsi D.I.Yogyakarta.

    Selengkapnya


  • Produk BPMRPK Diserbu Insan Pendidikan Se-Indonesia di RNPK 2018

    Produk BPMRPK Diserbu Insan Pendidikan Se-Indonesia di RNPK 2018

    Selain memberangkatkan kontingen peserta Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2018 di Pusdiklat Kemendikbud Sawangan Depok (5-7/2), BPMRPK juga mengirim petugas untuk menyebarkan produk-produk yang dihasilkan selama ini. Puluhan produk yang dipersiapkan meliputi jenjang PAUD, materi khusus untuk Tuna Netra, dan juga produk pendidikan karakter.

    Selengkapnya


  • Koordinasi Rekaman Program Ekspresi Anak Radio Edukasi dengan Guru-Guru di Wilayah DIY

    Koordinasi Rekaman Program Ekspresi Anak Radio Edukasi dengan Guru-Guru di Wilayah DIY

    Pendidikan bagi Anak Usia Dini berorientasi pada pengembangan semua aspek perkembangan sesuai dengan tahapan usia anak. Menyikapi hal ini, BPMRPK memberikan wadah bagi anak-anak PAUD untuk dapat berekspresi sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Sejak 2016, BPMRPK melalui Radio Edukasi (RE) mengembangkan Program Siaran Radio yang bertajuk EKSPRESI ANAK. Program ini berfokus pada pengembangan Bahan Siar yang dapat merangsang anak untuk mencapai berbagai kompetensi, seperti mengeksplorasi kemampuan diri, mengekspresikan diri, berimajinasi dan mengapresiasi karya seni.

    Selengkapnya


  • Penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM) Media Audio untuk Pendidikan Anak Usia Dini

    Penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM)  Media Audio untuk Pendidikan Anak Usia Dini

    Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Yogyakarta dalam rangka melaksanakan pengembangan media audio pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini, di tahun 2018 ini, akan mengembangkan 3 model media audio pembelajaran antara lain: 1) model media audio Aku Baca dalam Cerita (ABC), yaitu model media audio yang mengajarkan cara bermain dan belajar huruf dan angka, 2) model Matahari (Media Audio Tuntunan Sehari-hari), yaitu model media audio yang mengajarkan tuntunan sederhana dalam kehidupan sehari-hari anak, dan 3) model Ceria (Cerita Ekspresi dan Imajinasi Anak), yaitu model media audio yang mengembangkan kemampuan imajinasi anak dengan cerita.

    Selengkapnya