Aktivitas

  • Bimtek Pemanfaatan Siaran Radio Pendidikan Gelombang 1

    Bimtek Pemanfaatan Siaran Radio Pendidikan Gelombang 1

    Kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Siaran Radio Pendidikan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan salah satu kegiatan yang diadakan BPMRPK dalam rangka mensosialisasikan produk-produk bahan ajar dan siaran radio pendidikan kepada insan pendidikan di berbagai jenjang. Gelombang pertama dari kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari kamis (15/2), dengan melibatkan 19 orang guru dari berbagai TK/PAUD di provinsi D.I.Yogyakarta.

    Selengkapnya


  • Produk BPMRPK Diserbu Insan Pendidikan Se-Indonesia di RNPK 2018

    Produk BPMRPK Diserbu Insan Pendidikan Se-Indonesia di RNPK 2018

    Selain memberangkatkan kontingen peserta Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2018 di Pusdiklat Kemendikbud Sawangan Depok (5-7/2), BPMRPK juga mengirim petugas untuk menyebarkan produk-produk yang dihasilkan selama ini. Puluhan produk yang dipersiapkan meliputi jenjang PAUD, materi khusus untuk Tuna Netra, dan juga produk pendidikan karakter.

    Selengkapnya


  • Koordinasi Rekaman Program Ekspresi Anak Radio Edukasi dengan Guru-Guru di Wilayah DIY

    Koordinasi Rekaman Program Ekspresi Anak Radio Edukasi dengan Guru-Guru di Wilayah DIY

    Pendidikan bagi Anak Usia Dini berorientasi pada pengembangan semua aspek perkembangan sesuai dengan tahapan usia anak. Menyikapi hal ini, BPMRPK memberikan wadah bagi anak-anak PAUD untuk dapat berekspresi sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Sejak 2016, BPMRPK melalui Radio Edukasi (RE) mengembangkan Program Siaran Radio yang bertajuk EKSPRESI ANAK. Program ini berfokus pada pengembangan Bahan Siar yang dapat merangsang anak untuk mencapai berbagai kompetensi, seperti mengeksplorasi kemampuan diri, mengekspresikan diri, berimajinasi dan mengapresiasi karya seni.

    Selengkapnya


  • Penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM) Media Audio untuk Pendidikan Anak Usia Dini

    Penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM)  Media Audio untuk Pendidikan Anak Usia Dini

    Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Yogyakarta dalam rangka melaksanakan pengembangan media audio pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini, di tahun 2018 ini, akan mengembangkan 3 model media audio pembelajaran antara lain: 1) model media audio Aku Baca dalam Cerita (ABC), yaitu model media audio yang mengajarkan cara bermain dan belajar huruf dan angka, 2) model Matahari (Media Audio Tuntunan Sehari-hari), yaitu model media audio yang mengajarkan tuntunan sederhana dalam kehidupan sehari-hari anak, dan 3) model Ceria (Cerita Ekspresi dan Imajinasi Anak), yaitu model media audio yang mengembangkan kemampuan imajinasi anak dengan cerita.

    Selengkapnya


  • Rapat Koordinasi Rencana Kerja Tahunan 2018, Menuju BPMRPK Baru: Karya Nyata untuk Mengimplementasikan TIK berbasis Audio/Radio

    Rapat Koordinasi Rencana Kerja Tahunan 2018,  Menuju BPMRPK Baru: Karya Nyata untuk Mengimplementasikan TIK berbasis Audio/Radio

    Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) dalam melaksanakan tugas pengembangan media audio dan radio untuk pendidikan dan kebudayaan perlu menyusun langkah-langkah awal tahun anggaran, sebagai acuan pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan tahun 2018. Rapat Koordinasi Rencana Kerja Tahunan (RKT) 2018 diselenggarakan di New Saphire Hotel, Jl. Laksda Aisucipto No.38, Maguwoharjo, Depok, Sleman, diikuti oleh 22 peserta dari jajaran pimpinan dan pegawai BPMRPK dari Subbag Tata Usaha, Seksi Perancangan Model, dan Seksi Produksi Model (22-24/1). Kegiatan ini bertujuan untuk menetapkan langkah-langkah strategis yang akan dilaksanakan sampai dengan akhir tahun anggaran 2018, mulai dari penjadwalan kegiatan, penyusunan desain kegiatan, dan sinkronisasi Rencana Anggaran Belanja (RAB).

    Selengkapnya


  • Rekonsiliasi SAK Simak BMN tahun 2018 tahap I

    Rekonsiliasi SAK Simak BMN tahun 2018 tahap I

    Rapat Dalam Kantor (RDK) Rekonsiliasi SAK Simak BMN tahun 2018 tahap I menjadi kegiatan pertama BPMRPK di tahun anggaran baru ini. Acara berlangsung di ruang pertemuan BPMRPK, jalan Sorowajan Baru No. 367 Banguntapan bantul Yogyakarta, Senin (15/1) yang lalu. Acara diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan Balai dan staff Tata Usaha sejumlah total 17 orang. Sebagai narasumber dihadirkan Dani Kuryanto, kepala seksi PKN (Pengelolaan Kekayaan Negara) KPKNL Yogyakarta.

    Selengkapnya