Artikel

  • Cerdas Menggunakan Internet, Ilmu Pengetahuan Menanti

    Sosial media kini menjadi teman sehari-hari remaja dalam mengisi waktu. Hampir bisa dipastikan mereka memiliki paling tidak satu akun, dari beberapa jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, twitter, Google Plus. Namun tak jarang mereka bergabung hanya berangkat dari ikut-ikutan teman agar tidak ketinggalan trend karena takut dianggap kuper. Maka pasti setiap remaja yang ingin tampil up to date memiliki akun di jejaring sosial tersebut.

    Selengkapnya


  • Rematik dan Asam Urat: Serupa, Tapi Tak Sama

    Rematik, yang dalam bahasa medis biasa disebut dengan Rheumatoid Arthritis, adalah penyakit yang menimbulkan radang pada sendi, akibat dari adanya gangguan autoimun, yakni sistem imun yang menyerang jaringan tubuh yang sehat. Sistem imun yang keliru menyerang jaringan sehat di sekitar sendi tersebut menyebabkan lapisan tipis sel (synovium), menutupi persendian sehingga menyebabkan sendi meradang dan bengkak. Synovium juga melepaskan bahan kimia yang akan merusak tulang rawan dan tulang dalam sendi.

    Selengkapnya


  • Herpes? Apakah Itu?

    Herpes adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya lepuhan pada kulit yang berwarna kemerahan dan berisi cairan. Penyakit ini adalah infeksi yang disebabkan oleh virus bernama herpes, yang terdiri atas delapan jenis, tapi hanya dua jenis virus yang paling umum terjadi yaitu herpes simplex dan juga zoster. Ada dua jenis virus herpes simplex yaitu: HSV-1, atau biasa dikenal dengan herpes oral/labialis yang bisa menyebabkan luka dan benjolan yang melepuh di sekitar mulut dan juga wajah, kemudian ada HSV-2, yang termasuk ke dalam golongan herpes genital (kelamin) dan biasanya muncul di kelamin bagian luar serta daerah sekitar anus.

    Selengkapnya


  • Wisata Penambah Wawasan di Situs Liyangan

    Indonesia memang sudah dikenal dengan banyak situs peninggalan sejarah di dalamnya, bahkan salah satu keajaiban dunia Candi Borobudur berada di Indonesia. Tak hanya itu, di Indonesia juga terdapat situs peninggalan sejarah lainnya seperti Situs Liyangan yang berada di Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Situs yang dikabarkan lebih tua umurnya dari candi Borobudur ini berada di lereng Gunung Sindoro di ketinggian 1.200 m. Namun Situs Liyangan sendiri bukanlah sekedar bangunan candi peninggalan sejarah, namun sudah ada sejak abad ke-2 sebelum agama Hindu maupun Budha masuk ke Indonesia. Situs Liyangan memiliki 3 area dimana pada masanya area tersebut digunakan untuk pemukiman pemujaan terhadap roh nenek moyang, lalu ada tempat hunian, dan area pertanian. Tak heran jika kehadiran Situs Liyangan menjadi bukti bahwasannya pada masa itu nenek moyang sudah berkehidupan maju. Mulanya bangunan di Situs Liyangan terbuat dari batu-batu kali yang disusun, kemudian memasuki abad ke-6 dan 7 Situs Liyangan diganti dengan blok-blok batu seperti candi.

    Selengkapnya


  • Apa Hubungannya Konjungtivitis dengan Belekan?

    Konjungtivitis merupakan peradangan pada selaput bola mata (konjungtiva) yang disebabkan virus, bakteri, jamur, alergi, dan iritasi bahan-bahan kimia. Konjungtiva sering disebut penyakit mata merah, atau dalam bahasa Jawa sering disebut Belekan. Penyakit ini adalah penyakit yang umum terjadi dan terkadang bisa sembuh tanpa pengobatan (sembuh dengan sendirinya) dan bisa menyerang setiap orang dalam segala usia.

    Selengkapnya


  • Musim Hujan Datang! Yuk, Jaga Kesehatan!

    Musim peralihan seperti sekarang ini memang membuat tubuh rawan terserang penyakit. Adanya pergantian musim dari musim kemarau ke penghujan biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya.

    Selengkapnya