Artikel

  • Mendulang Emas dari Olimpiade Guru Nasional

    Mendulang Emas dari Olimpiade Guru Nasional

    Insan Edukasi, di era globalisasi ini kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris, sangatlah dibutuhkan dalam banyak aspek. Tak ayal para generasi millennial dituntut untuk cakap berbahasa Inggris, baik dalam lingkungan pendidikan maupun lingkungan kerja. Tidak jarang banyak kaum muda bahkan kalangan professional yang rela menghabiskan banyak biaya untuk belajar Bahasa Inggris. Berkat kemampuannya dalam berbahasa Inggris, seseorang bisa meraih prestasi, khususnya bidang bahasa Inggris di ajang lomba Olimpiade Guru Nasional 2018.

    Selengkapnya


  • Inilah Destinasi Wisata Edukasi di Yogyakarta

    Insan Edukasi, Libur Lebaran 2018 yang bersamaan dengan libur kenaikan kelas membuat para orangtua berupaya keras untuk membuat putra-putrinya dapat menikmati liburan yang berkualitas. Salah satu kota yang menjadi destinasi wisata adalah Yogyakarta. Sebagai kota pelajar, Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Provinsi DIY bersinergi mewujudkan Yogyakarta sebagai kota yang mendukung pendidikan. Tak heran jika kini bermunculan arena wisata edukatif di Yogyakarta. Setiap ahir pekan, kawasan nol kilometer Yogyakarta dijejali bus-bus pariwisata berplat nomor luar kota sehingga timbul kemacetan di mana-mana. Jika Anda berencana melancong ke Yogyakarta, simaklah ulasan mengenai beberapa destinasi wisata edukatif di Yogyakarta seperti berikut:

    Selengkapnya


  • Berbagai Manfaat Silaturahmi yang Perlu Anda Ketahui

    Insan Edukasi, sebentar lagi libur panjang tiba! Libur sekolah sesudah terima rapor, dan libur dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439H. Apa rencanamu di liburan tahun ini? Salah satu acara liburan yang dinanti-nanti adalah bersua dengan keluarga besar, baik yang masih tinggal di kota yang sama, maupun luar kota. Apa manfaat bertemu dengan keluarga besar atau kerabat? Di bawah ini beberapa manfaat silaturahmi, seperti disampaikan oleh Ustadz Mustofa, narasumber Selami Ramadhan di Radio Edukasi setiap hari selama bulan Ramadhan, pk. 17.00-18.00 WIB.

    Selengkapnya


  • Tips Sehat di Bulan Puasa

    Pada saat Ramadhan, kebiasaan makan dan minum kita pasti akan berubah. Sebenarnya saat puasa, Kita justru mengonsumsi air lebih banyak dari biasanya, jadi meskipun berpuasa Anda tidak akan kekurangan cairan atau dehidrasi. Sedangkan pada saat berbuka puasa, sebaiknya Anda tidak memaparkan tubuh terhadap keadaan yang ekstrim, misalnya langsung mengonsumsi minuman yang terlalu panas atau dingin. Jadi awali dengan minuman manis yang tidak terlalu panas atau dingin. Dalam Islam pun menganjurkan untuk berbuka dengan yang manis, tapi jangan terlalu manis. Sebaiknya saat berbuka, makan kudapan dan minumlah satu gelas minuman yang tidak begitu panas dan dingin. Setelah sholat, baru makan besar, itupun harus diberi jeda agar tidak sakit perut.

    Selengkapnya


  • Sistim Zonasi dari Perspektif Penjaminan Mutu Pendidikan

    Sistim zonasi adalah membagi atau memecah area menjadi beberapa bagian sesuai dengan fungsi dan tujuan sebuah pengelolaan. Pembagian wilayah untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistim zonasi dilakukan pada suatu wilayah berdasarkan jarak sekolah dan rumah dengan maksimal 5 KM, atau bergantung pada kebijakan masing-masing daerah

    Selengkapnya


  • Meraih Prestasi dari Debat Bahasa Arab

    Meraih Prestasi dari Debat Bahasa Arab

    Debat Bahasa Arab selain untuk melatih kemampuan berbahasa Arab secara aktif, juga akan melatih kemampuan dalam berdiskusi ilmiah bagi para pelajar atau mahasiswa. Seperti halnya di pondok pesantren, hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan. Mereka berdiskusi tentang keilmuan ataupun fenomena yang sedang hangat. Mereka diarahkan dari ngobrol atau bercakap sesuatu yang sama sekali tidak ada manfaatnya kepada diskusi ilmiah. Di era modern ini kemampuan beradu argumen sangatlah penting. Apalagi kita hidup di zaman opini publik sangat berpengaruh, khususnya di media sosial.

    Selengkapnya