Artikel

  • Hadapi Cuaca Ekstrim dan Tanggap Bencana

    Awal tahun 2018, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk dalam kondisi cuaca yang ekstrim, curah hujan tinggi disertai petir. Adapun daerah rawan bencana pohon tumbang adalah di daerah Tempel, Kalasan, dan Moyudan Sleman; sedangkan longsor yang memiliki topografi curam terjadi di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, Perbukitan Seribu, Gunung Kidul, dan Imogiri, Bantul. Banjir genangan juga terjadi di beberapa wilayah, masuk ke rumah warga dengan tinggi setumit orang dewasa. Kondisi kritis atau golden time saat berada di tahap darurat, hendaknya kita melakukan penyelamatan diri, stabilisasi kejadian agar dampaknya tidak meluas, dan penyelamatan properti atau aset. Sekolah Siaga Bencana dan Desa Tangguh Bencana merupakan tempat untuk mendidik masyarakat dalam mengintegrasi pengurangan resiko bencana, disesuaikan dengan resiko bencana yang terjadi. Dilakukan pemahaman, pengetahuan, terampil, sampai drill pengetahuan teknis, baru diuji dalam gladi, baru bisa dikatakan aman dan nyaman.

    Selengkapnya


  • Kejang Demam, Apakah Itu?

    Kejang demam adalah kejang-kejang yang terjadi pada anak-anak akibat kenaikan suhu tubuh di atas normal yang cukup signifikan, yaitu di atas 38 derajat Celcius. Kondisi ini biasanya terjadi ketika anak menderita sebuah infeksi. Kejang demam ini umumnya terjadi pada anak rentang usia enam bulan hingga lima tahun. Kejang demam merupakan respon dari otak anak terhadap demam, dan biasanya terjadi di hari pertama demam. Namun setelah demam mencapai tingkat suhu yang tinggi, risiko kejang biasanya akan menurun. Kejang demam memang terlihat mengerikan, namun umumnya tidak terlalu berbahaya bagi anak yang mengalaminya.

    Selengkapnya


  • Prestasi Internasional Tim Racing Garuda UNY

    Prestasi Internasional Tim Racing Garuda UNY

    Menjadi yang terbaik dalam ajang kompetisi tingkat internasional pasti membanggakan, terlebih bisa mengharumkan nama bangsa dan negara. Itulah yang dirasakan oleh dua mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Abdul Rosyid dan I Wayan Yogi Arta, anggota Tim Racing Garuda UNY, yang berhasil meraih predikat Best of the Best Over All dan Best Team Work di ajang International Student Car Competition Korea Selatan 2017. Hal itu mereka ungkapkan saat mengisi program bincang-bincang live Prestasi Anak Negeri di Radio Edukasi Kemdikbud, pada Rabu, 31 Januari 2018, pukul 14.00 WIB. Pada kesempatan itu Abdul Rosyid menceritakan pengalamannya dalam mengikuti kompetisi tingkat internasional tersebut.

    Selengkapnya


  • Puisi Mendulang Prestasi

    Setiap orang tentu mempunyai hoby. Ada yang suka menulis, olahraga, menyanyi atau membaca puisi. Hoby yang dilakukan dengan sepenuh hati akan sangat menyenangkan. Bahkan kalau kita mengasahnya secara serius, hoby yang kita tekuni dapat membuahkan prestasi. Membaca puisi adalah suatu kegiatan yang menyenangkan bagi mereka yang menyukainya. Puisi merupakan jenis karya sastra lama. Puisi dapat berfungsi sebagai keindahan, ungkapan hati seseorang, motivasi, pelajaran, bahkan puisi juga dapat dilombakan. Yang dilombakan bukan hanya isinya tetapi tentang cara membaca puisi tersebut.

    Selengkapnya


  • Tips Meringankan Diare

    Saat seseorang terkena diare, bagaimana mengatasinya? Yang perlu Anda ketahui adalah gejala diare umumnya akan hilang dengan sendirinya tanpa bantuan pengobatan apa pun. Biasanya diare berlangsung hingga 7 hari. Pada kasus tertentu, diare dapat berlangsung lebih lama tergantung penyebabnya. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk meringankan kondisi yang sedang dialami:

    Selengkapnya


  • Musik untuk Pendidikan Anak

    Selain lingkungan keluarga, sekolah merupakan komponen penting dalam memberi pengertian bagi anak-anak tentang musik. Setidaknya dengan pemahaman yang diberikan sekolah, akses lagu oleh anak lebih tersaring. Selain itu, sekolah harus memahami konsep pendidikan lewat seni. Di dalam konsep itu, pendidikan adalah hal yang paling diutamakan. Dimana seni adalah satu di antara media yang berfungsi untuk mendidik anak. Demikian juga dengan lagu sebagai produk seni. Oleh karena itu, ketika anak-anak diberikan lagu-lagu berkekuatan negatif maka akan negatif juga. Rina menambhkan, kalaupun musik digunakan untuk membentuk perilaku anak, maka sejak awal diciptakan lagu bertujuan sebagai media pendidikan, yang bermanfaat untuk membentuk pribadi dan akhlak anak-anak.

    Selengkapnya