Artikel

  • Pekan Pendidikan Jogja Semarakkan Hardiknas 2018

    Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang berlokasi di Yogyakarta, menyelenggarakan Pekan Pendidikan Jogja pada Sabtu, 21 April 2018 hingga Jumat 27 April 2018. Rangkaian kegiatan ini dilanjutkan upacara bendera tanggal 2 Mei 2018 dan ziarah ke makam Ki Hajar Dewantara. Pekan Pendidikan Jogja diselenggarakan di 2 tempat, yaitu Museum Benteng Vredeburg dan Taman Pintar Yogyakarta, dengan mengundang sekitar 13 media untuk meliput kegiatan. Pembukaan dimulai pada 21 April 2018 pukul 15.30 WIB dan dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhajir Effendy, para pejabat dari kementerian, provinsi, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY, para pengawas dan guru berprestasi, siswa-siswa, sehingga total undangan mencapai 300 orang.

    Selengkapnya


  • Edukasi Kawasan Tanpa Rokok

    Sejak tahun 2017, Dinas Kesehatan Yogyakarta telah menetapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di beberapa tempat, seperti kawasan kesehatan, kawasan pendidikan, tempat umum seperti halnya transportasi umum, arena bermain, semua tempat yang di sekitarnya dekat dengan balita, bayi, ibu hamil atau usia lanjut. Remaja usia 15-19 tahun, atau remaja yang masih aktif sekolah, paling banyak mengkonsumsi rokok. Hal ini sangat berbahaya karena dalam sepuntung rokok terdapat 70 penyebab penyakit kanker dan bisa merusak organ vital, seperti jantung, otak, bahkan menyebabkan kematian.

    Selengkapnya


  • Kesiapan PLN dalam Proses Pelaksanaan UNBK di DIY

    Pembangkit tenaga listrik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap dari sisi suplai pada Gardu Induk guna pelaksanaan UNBK tahun 2018. Wilayah Yogyakarta dan sekitarnya di kabupaten kota mempersiapan 253 personil, yang bekerja secara bergantian dengan sistim piket. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan kondisi listrik terjaga.

    Selengkapnya


  • Duta Informasi Keamanan Pangan

    Perjanjian kerjasama antara Badan POM Yogyakarta dan Kwarda Daerah Kota Yogyakarta tentang peningkatan kesadaran pangan diselenggarakan pada 27 Oktober 2017 lalu. Hal tersebut perlu disosialisasikan karena pangan sendiri mempunyai pengertian bahwa apa yang kita konsumsi harus bebas dari bahan biologi, kimia dan juga fisika. Misal kasus keracunan makanan yang terjadi di sekolah, tentunya sangat memprihatinkan. Kejadian ini bermula dari pengetahuan pelajar maupun masyarakat yang kurang memperhatikan apa yang mereka konsumi.

    Selengkapnya


  • Yogyakarta Sambut UNBK Jenjang SMP/MTs

    Sekitar 66 SMP/MTs di Yogyakarta siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan 4 Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Dari 66 sekolah, hanya ada 1 sekolah berkebutuhan khusus yang menggunakan Paper Based Test (PBT) dan soal yang diberikan menggunakan huruf Braille. Sebanyak 12 dari 65 sekolah harus mengikuti UNBK di sekolah lain dikarenakan fasilitas yang kurang memadai dan jumlah siswa yang sedikit. Perbedaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) dengan UNBK adalah soal yang diberikan ketika USBN asli dari pusat dengan perbandingan 75% : 25% atau 70% : 30%. Materi yang diberikan dan dikeluarkan sama dengan Ujian Nasional (UN) di tahun sebelumnya, dengan tujuan mengukur proses dan pemetaan untuk mutu sekolah, sebagai acuan untuk tingkat lanjut.

    Selengkapnya


  • Meraih Prestasi dari Seni Kaligrafi

    Meraih Prestasi dari Seni Kaligrafi

    Kaligrafi Arab adalah jenis seni rupa yang digambarkan dalam bentuk 28 tulisan Arab. Kaligrafi Arab berasal dari alphabet Nabatea Aram dikreasikan sedemikian rupa sehingga memberikan inspirasi bagi yang melihat. Seni kaligrafi menjadi salah satu karya terindah umat manusia sepanjang sejarah. Tiap peradaban mengabadikan karakteristik dan keunikan masing-masing. Kaligrafi pun masih bertahan dan eksis hingga saat ini. Tak jarang untuk menjaga eksistensi akan seni kaligrafi, penggiat seni kaligrafi mengadakan lomba seni kaligrafi yang diharapkan dapat menarik minat siswa pecinta seni kaligrafi untuk meraih prestasi.

    Selengkapnya