Berita Pendidikan

  • Jokowi: Tebak, Foto Saya Waktu Muda yang Mana?

    Jokowi: Tebak, Foto Saya Waktu Muda yang Mana?

    Saat memberikan kuliah umum di Dies Natalis Universitas Gadjah Mada ke-68, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo disambut meriah oleh civitas akademi yang hadir di Grha Sabha Pramana UGM (19/12/2017). Pembawa acara mempersilakan hadirin untuk berdiri menyambut kedatangan Presiden, namun saking antusiasnya, peserta kuliah terbuka itu tidak sebatas berdiri, namun mengeluarkan ponsel cerdas untuk swafoto bersama Presiden Jokowi. Pada kesempatan itu, Jokowi mengisi kuliah umum dengan mengajak Perguruan Tinggi untuk meningkatkan ekosistem wirausaha, khususnya wirausaha muda. Dalam hal ini perguruan tinggi harus menjadi sentral dalam segala aspek pembangunan, sentral dalam riset unggul, sentral menjawab segala tantangan zaman. Ilmu pengetahuan yang berkembang sangat cepat akan memengaruhi kehidupan manusia ke depan. Lahirnya teknologi baru akan menyebabkan beberapa jenis pekerjaan hilang dan tidak relevan. Menurutnya, yang penting untuk ditingkatkan adalah entrepreneur karena akan menciptakan pekerjaan baru. Jokowi menjelaskan bahwa semangat wirausaha di Indoensia masih sangat rendah.

    Selengkapnya


  • BATAN Tingkatkan Kualitas Pendidikan STT Nuklir Yogyakarta

    BATAN Tingkatkan Kualitas Pendidikan STT Nuklir Yogyakarta

    Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) Yogyakarta menambah tiga fasilitas penunjang pendidikan yang baru. Penambahan fasilitas tersebut tidak terlepas dari dukungan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Hal tersebut meruapakan salah satu upaya BATAN untuk meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa di STTN Yogyakarta. Tiga fasilitas yang baru saja diresmikan tersebut adalah Laboratorium Iradiator Gamma dengan kapasitas 12 kilo currie (kCi), Dormitory atau asrama mahasiswa, dan fasilitas Distributed Control System (DCS). Kepala BATAN Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto usai peresmian tiga fasilitas tersebut di STTN Yogyakarta (19/12/2017) mengatakan, pembangunan dan pengadaan ketiganya dilakukan pada tahun ini.

    Selengkapnya


  • Lambannya Proses Hukum Hambat Penegakan Hukum

    Lambannya Proses Hukum Hambat Penegakan Hukum

    Keberadaan hukum di masyarakat berguna untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kepentingan-kepentingan yang biasa bertentangan. Berangkat dari hal tersebut Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakata (FH UMY) bersama Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Dewan Pimpinan Cabang Yogyakarta menyelenggarakan diskusi hukum di akhir tahun 2017, yang bertajuk "Nasib dan Optimisme Penegakan Hukum Di Yogyakarta", Rabu (20/12/2017) di ruang sidang Fakultas Hukum UMY. Acara tersebut bertujuan untuk menambah pemahaman dan berdiskusi terkait penegakan hukum terhadap anak.

    Selengkapnya


  • Tantangan Peradaban dan Peran Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

    Tantangan Peradaban dan Peran Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

    Selengkapnya


  • Mendikbud Resmikan Grha As-Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

    Mendikbud Resmikan Grha As-Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud) Muhadjir Effendy meresmikan Grha As-Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada hari Kamis (14/12/2017). Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti dan penulisan pesan dari Mendikbud untuk para siswa. Ia mengapresiasi keberadaan gedung tersebut untuk mendukung pembelajaran siswa, mengingat tidak banyak sekolah di DIY yang memiliki gedung pertemuan semegah dan sebesar ini.

    Selengkapnya


  • Menag Serahkan KIP kepada 14.780 Siswa Madrasah di Yogyakarta

    Menag Serahkan KIP kepada 14.780 Siswa Madrasah di Yogyakarta

    Sebanyak 14.780 siswa madrasah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang terdiri atas 5.327 siswa Madrasah Ibtidaiyah, 7.020 siswa MTs dan 2.433 siswa Madrasah Aliyah, resmi terima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Paku Alam X, beserta Kakanwil Kemenag Provinsi DIY M. Lutfi Hamid, di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Senin pagi (18/12/2017), sebagai salah satu agenda dalam acara Gebyar Kerukunan Umat Beragama.

    Selengkapnya