Berita Pendidikan

  • Rektor USD : Alumni Harus Tingkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Sosial

    Rektor USD : Alumni Harus Tingkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Sosial

    Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta kembali menggelar Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode 2 Tahun 2017/2018, Sabtu (24/3), di Auditorium Driyakarya Dalam periode ini, sebanyak 800 orang mahasiswa di wisuda, dari total 994 lulusan.

    Selengkapnya


  • Apa Kata Mendikbud Soal Pendayagunaan TIK di Dunia Pendidikan?

    Apa Kata Mendikbud Soal Pendayagunaan TIK di Dunia Pendidikan?

    Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi hal yang paling dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, begitupun dalam dunia pendidikan. TIK menjadi media penunjang penting dalam proses belajar mengajar. Tidak jarang sumber belajar pun bisa ditemukan siswa apabila menggunakan softwere dan hardware TIK, misalnya komputer dan Internet, telepon genggam, media sosial, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi topik bahasan dalam Rapat Koordinasi Pendayagunaan TIK untuk Pendidikan tahun 2018. Rapat tersebut dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy pada Selasa malam (20-3-2018). Apa kata Muhadjir soal pendayagunaan TIK?

    Selengkapnya


  • Buku Audio Pembelajaran, Banyak Manfaatnya

    Buku Audio Pembelajaran, Banyak Manfaatnya

    Guna mewujudkan fasilitas pendidikan bagi pelajar, khususnya pelajar tuna netra, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) meluncurkan buku audio pembelajaran untuk SMP dan SMA. Kepala BPMRPK Drs. Aristo Rahadi, M.Pd mengatakan, sejatinya Buku Audio Pembelajaran dirintis sejak 2016 lalu. Hal ini diungkapkannya saat melakukan wawancara langsung di Radio Edukasi, Rabu (21/3/2018). Menurutnya, produk pembelajaran tersebut merupakan bentuk dukungan pada program pemerintah terutama dalam memberikan fasilitas bagi penyandang tuna netra. Meski demikian, pelajar non disabilitas juga dapat memanfaatkan produk tersebut. Buku Audio Pembelajaran diluncurkan secara simbolis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pada pembukaan Rapat Koordinasi Pendayagunaan Teknologi Komunikasi untuk Pendidikan dan Kebudayaan (Rakor TIK) 2018 di Grand Sahid, Jakarta, Selasa(20/3/2018).

    Selengkapnya


  • Laboratorium Penelitian dan Pengujian UGM Terakreditasi KAN

    Laboratorium Penelitian dan Pengujian UGM Terakreditasi KAN

    Universitas Gadjah Mada (UGM) telah memiliki laboratorium terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN). Hal tersebut diapresiasi oleh Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya, M.Sc., berdasarkan rilis yang diterima oleh reporter Radio Edukasi. Bambang mengungkapkan belum banyak laboratorium di perguruan tinggi mendapat akreditasi karenanya ia mengapresiasi Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu yang sudah terakreditasi KAN. Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) merupakan satu dari tiga laboratorium di UGM, dimana laboratorium penguji dan laboratorium kalibrasinya sudah terakreditasi KAN. Menurutnya keberadaan laboratorium penguji yang terakreditasi sangat penting. Dengan akreditasi akan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap laboratorium sebagai tempat yang memiliki kompetensi melakukan kegiatan penilaian kesesuaian.

    Selengkapnya


  • BSN Dorong Industri Terapkan SNI Secara Sukarela

    BSN Dorong Industri Terapkan SNI Secara Sukarela

    Guna menaikkan daya saing industri di pasar domestik dan mendorong daya saing di pasar global, Badan Standar Nasional (BSN) terus motivasi industri untuk menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara sukarela. "Kami dorong industri atau perusahaan untuk menerapkan SNI karena konsumen sekarang sudah mulai cerdas dalam memilih produk yang aman dan berkualitas, baik dalam bentuk barang maupun jasa," kata Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi BSN Kukuh S. Achmad saat mengunjungi perusahaan PT Tigaraksa Satria, Yogyakarta, Jumat (16/3/2018).

    Selengkapnya


  • Wadahi Kreativitas Siswa, SMA Bopkri 2 Yogyakarta Gelar Boda Peduli Prestasi

    Wadahi Kreativitas Siswa, SMA Bopkri 2 Yogyakarta Gelar Boda Peduli Prestasi

    Selengkapnya