Berita Pendidikan

  • UGM Minta Pemerintah Menindak Tegas Aturan Imunisasi Anak

    UGM Minta Pemerintah Menindak Tegas Aturan Imunisasi Anak

    Guru Besar Kebijakan dan Manajemen Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Profesor Laksono Trisnantoro (12/12/17) meminta pemerintah menindak tegas penegakan aturan imunisasi anak. Maraknya penularan penyakit difteri yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium akhir-akhir ini di berbagai daerah di Indonesia, yang kemudian diputuskan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), membuat akademisi menyuarakan pentingnya penegakan aturan imunisasi pada anak untuk menanggulangi penyebaran penyakit tersebut. Ia mengatakan, keputusan beberapa daerah menjadi KLB harusnya menjadi pengingat bagi pemerintah untuk segera menegaskan aturan imunisasi bagi anak.

    Selengkapnya


  • Lewat Anugerah Gubernur 2017, Pemprov DIY Apresiasi Sebanyak 419 Prestasi

    Lewat Anugerah Gubernur 2017, Pemprov DIY Apresiasi Sebanyak 419 Prestasi

    Pemerintah Daerah (DIY) bersama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ( Dikpora ) DIY memberikan penghargaan kepada 419 pelajar, pelatih dan lembaga berprestasi se-DIY, Selasa (12/12) pagi di GOR Amongrogo. Penghargaan diberikan dalam acara Anugerah Prestasi Penghargaan Gubernur 2017 bertajuk Satu Janji Mengapai Prestasi. Penghargaan ini diberikan kepada prestasi yang mendapat juara 1, 2 dan 3 ditingkat internasional, nasional dan regional.

    Selengkapnya


  • Seimbangkan Teknologi dan Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Desa Pariwisata

    Seimbangkan Teknologi dan Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Desa Pariwisata

    Desa wisata menjadi salah satu sektor penting dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga dilibatkan untuk pengelolaan desa wisata yang berbasis masyarakat dan berkelanjutan.

    Selengkapnya


  • Satukan Pendidikan dan Musik: Konser Amal Fakultas Kedokteran UGM untuk penyandang kanker

    Satukan Pendidikan dan Musik: Konser Amal Fakultas Kedokteran UGM untuk penyandang kanker

    Profesor Adi Utarini atau yang akrab disapa Prof. Uut menjadi punggawa dalam konser Amal Bertajuk Life, Passion and Music yang bakal dihelat 5 Mei 2018 mendatang. Dalam konser amal ini tidak mengundang musisi profesional, namun akan memaksimalkan musisi yang selama ini beraktivitas di Fakultas kedokteran UGM. Selain Prof Uut banyak musikus yang berasal dari FK UGM akan tampil menggalang dana untuk Yayasan Kanker Indonesia cabang Yogyakarta. Musisi tersebut antara lain Gadjah Mada Chamber Orchestra (GMCO), Paduan Suara Paramaksi, Putri K. Larasati, Jodi Visnu, Band Surya Kartika Enterprise (SKE Band), dan Band Oldies Section Band. Selain aktif berkarya sebagai guru besar di Departemen Kebijakan dan Management Fakultas Kedokteran (FK) UGM, ia ingin menunjukkan bahwa seorang akademisi dapat mengembangkan kemampuan diluar akademik yang ia tekuni selama ini.

    Selengkapnya


  • Waspada: Bahaya Pemanasan Global yang Berdampak Pada Perubahan Iklim!

    Waspada: Bahaya Pemanasan Global yang Berdampak Pada Perubahan Iklim!

    Bumi mengalami pemanasan global, yang membawa pada perubahan iklim ekstrem. Cuaca ekstrem yang terbawa oleh perubahan iklim tersebut, telah pula melanda tanah air. Hurricane yang melanda Amerika Utara telah menyerang Indonesia, namun masih dalam kategori rendah atau sering dikenal dengan putting beliung.

    Selengkapnya


  • Dua Dosen UGM Turut Serta Hadiri Upacara Penyerahan Hadiah Nobel 2017

    Dua Dosen UGM Turut Serta Hadiri Upacara Penyerahan Hadiah Nobel 2017

    Dua dosen Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gajah Mada, Muhadi Sugiono dan Yunizar Adiputera, diundang untuk menghadiri upacara penyerahan Hadiah Nobel 2017 di Oslo, 10 Desember mendatang. Keduanya mewakili Institute of International Studies, selaku rekanan resmi International Campaign to Abolish Nuclear Weapons (ICAN) yang telah aktif mengkamanyekan pemusnahan senjata nuklir sejak tahun 2013.

    Selengkapnya