Berita Pendidikan

  • Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UNY Kembangkan Sistem INDOPED

    Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UNY Kembangkan Sistem INDOPED

    Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), akan mengembangkan sistem Innovation Pedagogy for Indonesia Higher Education (INDOPED) di seluruh program studi. Sebelumnya, INDOPED juga sudah dikembangkan di Fakultas Bahasa dan Sastra UNY selama satu tahun terkahir ini. Pengembangan sistem INDOPED ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pendidikan tinggi, agar nantinya dapat bersaing secara global.

    Selengkapnya


  • Perpustakaan Mempunyai Peran Strategis di Perguruan Tinggi

    Perpustakaan Mempunyai Peran Strategis di Perguruan Tinggi

    Dosen di Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Indonesia (UI), Luki Wijayanti, mengatakan, perpustakaan mempunyai peran strategis di Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu, pustakawan perlu menyadari bahwa posisinya di dalam perpustakaan sangat vital. Pustakawan berperan sebagai pengelola sumber daya informasi di Universitas yang bukan sekedar koleksi perpustakaan, namun merupakan produk budaya yang diciptakan dengan segala keperluannya.

    Selengkapnya


  • Menristekdikti Tantang Kampus Hasilkan Lulusan Ahli Sawit

    Menristekdikti Tantang Kampus Hasilkan Lulusan Ahli Sawit

    Indonesia merupakan penghasil terbesar minyak sawit, sebab Indonesia mempunyai luas perkebunan sawit hingga 1 juta hektar. Namun, sumber daya manusia (SDM) dalam bidang sawit yang dimiliki Indonesia masih sangat minim, sehingga membuat kualitas sawit Indonesia rendah di mata dunia.

    Selengkapnya


  • SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Kirim Siswa Kelas X untuk Studi Komparasi

    SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Kirim Siswa Kelas X untuk Studi Komparasi

    Guna melatih siswa dalam bidang penelitian, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta mengirim kelas X untuk studi komparasi di beberapa sekolah di wilayah Jawa Tengah.

    Selengkapnya


  • 250 Milyar untuk Pemberdayaan Masyarakat Skala Nasional

    250 Milyar untuk Pemberdayaan Masyarakat Skala Nasional

    Tamrin Foundation berikan dana Rp250 milyar guna pemberdayaan masyarakat skala nasional bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Muhammadiyah. Dana tersebut akan diwujudkan dalam bentuk berbagai proyek dan program pembangunan untuk masyarakat. Pemberian bantuan ini diberikan dalam skema 5 tahun sehingga setiap tahun dikucurkan dana sebesar Rp50 milyar. Menteri Sekretaris Negara Pratikno, yang hadir dalam talkshow Filantropi Pemberdayaan Umat dengan dipandu oleh Najwa Shihab di Grha Sabha Pramana UGM (01-03-18), mengatakan kerjasama ini sangat bermanfaat bagi program kerja pemerintah karena energi yang pemerintah miliki terbatas sehingga diperlukan kerjasama kemitraan guna efektivitas pembangunan negara.

    Selengkapnya


  • Teliti Formula Parameter Mandibula Perempuan Jawa, drg. Maria Goreti Widiastuti Raih Gelar Doktor

    Teliti Formula Parameter Mandibula Perempuan Jawa, drg. Maria Goreti Widiastuti Raih Gelar Doktor

    Penderita ameloblastoma mandibula sampat saat ini banyak yang harus menjadi tindakan radikal berupa reseksi rahang, baik sebagian atau secara total. Ameloblastoma adalah tumor jinak odontogenik paling sering terjadi pada rahang dan lebih banyak ditemukan pada mandibula. Sifat pertumbuhan yang agresif dan destruktif, terlambatnya penderita datang berobat, dan sifat kekambuhan yang tinggi menyebabkan reseksi harus dilakukan 1 sampai 2 cm dari batas tepi tumor. Berdasarkan hal tersebut, drg. Maria Goreti Widiastuti, mahasiswa Program Studi S3 Bioteknologi Minat Studi Rekayasa Biomedis , Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta, angkat Kajian Morfometri Kraniomaksilofasioal Perempuan Jawa dengan Perangkat Lunak Computer Aided Design (CAD) Untuk Rekonstruksi Pasca Reseksi Ameloblastoma Mandibula, sebagai penelitian untuk desertasinya.

    Selengkapnya