Berita Pendidikan

  • Nantikan Jogja Airshow 2017, Jauh lebih Semarak

    Nantikan Jogja Airshow 2017, Jauh lebih Semarak

    Penggemar olahraga angkasa sebentar lagi akan sangat terpuaskan dengan ajang Jogja Internasional Airshow (JIAS) 2017. Keikutsertaan atlet mancanegara dalam ajang tahunan itu membuat JIAS semakin ramai. Event tahun ke-12 ini akan berlangsung dari tanggal 26 s.d. 30 April 2017.

    Selengkapnya


  • Audit Mutu Eksternal

    Selain program Sunan Kalijaga Post Doctoral, untuk meningkatkan dan melestarikan budaya mutu pendidikan, UIN Suka Yogyakarta juga melakukan audit mutu eksternal. Audit mutu eskternal dilaksanakan pada 20-22 Maret 2017 oleh PT. TUV Rheinland, yakni sebuah lembaga penjamin mutu yang berpusat di Jerman. Di samping itu, Lembaga Akreditasi Internasional Asean University Network (AUN) juga akan melakukan visitasi untuk assesment penjamin mutu di UIN Suka Yogyakarta, pada 4-6 April 2017.

    Selengkapnya


  • Sunan Kalijaga International Post Doctoral, Jadi Program Unggulan menuju Islamic Studies World Class University

    Sunan Kalijaga International Post Doctoral, Jadi Program Unggulan menuju Islamic Studies World Class University

    Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta saat ini tengah mempersiapkan diri menjadi Islamic Studies World Class University (WCU). Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya adalah program Sunan Kalijaga International Post Doctoral.

    Selengkapnya


  • Pendidikan Tinggi Pariwisata di Indonesia Belum Ada yang Terakreditasi A

    Pendidikan Tinggi Pariwisata di Indonesia Belum Ada yang Terakreditasi A

    Akreditasi merupakan salah satu pengakuan dari pemerintah dan masyarakat terkait dengan kompetensi suatu institusi, termasuk institusi pendidikan. Namun di Indonesia, dari 119 pendidikan tinggi (PT) Pariwisata, belum ada satupun yang terakreditasi A.

    Selengkapnya


  • Terobosan Baru Kemristek Dikti dalam Sertifikasi Dosen

    Data yang dirilis Kemristek Dikti menunjukkan bahwa dari sekitar 265 ribu dosen di Indonesia, baru ada 132 ribu dosen atau sekitar 50% yang tersertifikasi. Padahal regulasi terkait dengan sertifikasi guru dan dosen tersebut telah digulirkan melalui Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005.

    Selengkapnya


  • Politik Luar Negeri Indonesia yang Bebas Aktif Masih Relevankah?

    Politik Luar Negeri Indonesia yang Bebas Aktif Masih Relevankah?

    Menurut Philip, politik luar negeri bebas aktif bagi Indonesia di masa sekarang ini sudah tidak relevan lagi, sebab hal tersebut sudah tidak sinkron dengan keadaan Indonesia saat ini. Sejak tahun 1948, Bung Hatta mengarahkan ke politik luar negeri yang pragmatis, bukan yang non blok. Saat ini ada salah persepsi tentang politik luar negeri bebas aktif. Ini menjadi belenggu seolah politik luar negeri bebas aktif itu non-blok.

    Selengkapnya