Berita Pendidikan

  • BATAN Kaji Limbah Radioaktif Untuk Bahan Baterai Nuklir

    BATAN Kaji Limbah Radioaktif Untuk Bahan Baterai Nuklir

    Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) akan melakukan kajian terhadap pemanfaatan limbah radioaktif, untuk dijadikan bahan pembuataan baterai nuklir. Hal ini dilatarbelakangi banyaknya limbah yang terkumpul di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) BATAN. Ide pembuatan baterai nuklir sebenarnya meniru yang dilakukan oleh lembaga antariksa USA, NASA, yang menggunakan bahan nuklir sebagai baterai tahan lama dan tahan cuaca.

    Selengkapnya


  • Milad ke 37, UMY Siap Jadi International Reputable University

    Milad ke 37, UMY Siap Jadi International Reputable University

    Selengkapnya


  • Sekolah Vokasi UGM Tidak Membuka Jalur Ujian Tulis

    Sekolah Vokasi UGM Tidak Membuka Jalur Ujian Tulis

    Sekolah Vokasi UGM tidak lagi membuka seleksi lewat jalur ujian tulis (utul) II. Demikian ujar Dekan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D dalam jumpa pers Ruang Senat Sekolah Vokasi (18/4/2018). Ia mengatakan, untuk masuk UGM, khususnya Sekolah Vokasi, selain jalur nasional terdapat 3 jalur melalui kampus. Jalur pertama melalui Penjaringan Bibit Unggul (PBU), kemudian Ujian Mandiri dan diakhiri dengan jalur seleksi berdasarkan hasil ujian mandiri yang menggantikan ujian tulis II. Artinya jalur ujian tulis yang biasanya ada, akan dipindah menjadi satu dengan ujian mandiri dalam proses ujiannya, sehingga calon mahasiswa yang belum lolos di UM, bisa langsung mendaftar prodi Sekolah Vokasi dengan hasil UM sebagai bahan seleksinya. Kendati bobot soal ujian mandiri lebih berat, pihaknya menekankan bahwa penilaian di setiap prodi Sekolah Vokasi memiliki sistim tersendiri yakni penilaian dipilih pada soal mata pelajaran yang bersangkutan saja.

    Selengkapnya


  • Tindak Lanjuti Kawasan Tanpa Rokok, MTCC UMY Gelar Diskusi

    Tindak Lanjuti Kawasan Tanpa Rokok, MTCC UMY Gelar Diskusi

    Guna mempercepat pencapaian Millennium Development Goals (MDGs), pemerintah telah menerbitkan perundang-undangan untuk sektor kesehatan, termasuk diantaranya adalah UU No. 36 tahun 2009 dan PP No. 109 tahun 2012. Untuk saat ini, seluruh Kabupaten dan Kota di DIY sudah memiliki regulasi terkait hal tersebut, meskipun bentuk regulasinya berbeda-beda. Bahkan, tiga daerah di DIY, yakni Gunungkidul, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda), sedangkan Bantul dan Sleman masih berupa Peraturan Bupati (Perbup). Oleh sebab itu, untuk merespon hal tersebut, Muhammadiyah Tobacco Control Center Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MTCC UMY) menggelar diskusi bersama Kepala Daerah se-DIY, Kementerian Kesehatan RI, dan Tim Aliansi Bupati/ Walikota Peduli Kawasan Tanpa Rokok (KTR), di Silol Coffee and Eatery Yogyakarta, Kamis (12/4).

    Selengkapnya


  • Percepat Diagnosis, Mahasiswa PPs FTI UII Rancang Aplikasi Pengiriman Data Citra Medis

    Percepat Diagnosis, Mahasiswa PPs FTI UII Rancang Aplikasi Pengiriman Data Citra Medis

    Selengkapnya


  • Peringati Hardiknas, 10 UPT Kemdikbud DIY Gelar Pekan Pendidikan Jogja

    Peringati Hardiknas, 10 UPT Kemdikbud DIY Gelar Pekan Pendidikan Jogja

    Selengkapnya