Tower Streaming
Masuk untuk tunanetra silahkan gunakan username edukasi dan password bpmrp, username edukasi dan password bpmrp Daftar

Masuk

Pro-Kontra Rencana Penghapusan UN

Senin, 11 Maret 2013 14:23 Ditulis oleh  Hana

Yogya(RE) - Ujian Nasional (UN) tetap dibutuhkan, namun juga tidak salah jika dihapus. Pada dasarnya UN atau penilaian oleh pemerintah itu memang dibutuhkan sebagai standar penilaian kompetensi nasional.

Akan tetapi, jika UN itu berdampak bagi nasib siswa atau menjadi mutlak, hal ini bertentangan dengan isi Kurikulum KTSP. Sebab, yang mengajar dan mengevaluasi adalah guru, tentunya yang menaikkan atau meluluskan yakni guru atau sekolah. Demikian pendapat Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Dasar Bantul,Drs. Slamet Pamuji, M.Pd.

 

Meskipun bertentangan dengan Kurikulum KTSP, namun bagaimanapun UN juga dibutuhkan sebagai alat untuk mengukur kompetensi secara nasional.

 

“Sebenarnya tergantung orientasinya. Untuk sebuah pengukuran kompetensi secara nasional, UN memang perlu dilaksanakan. Akan tetapi, jika dipandang dari sisi lain, yakni bahwa pengukuran kompetensi siswa sebaiknya dilakukan oleh guru yang bersangkutan langsung dengan siswa, maka UN dipandang sebagai hal yang kurang tepat. Jika UN tetap dilaksanakan, hal ini pun bukan masalah yang besar. Sebab, UN saat ini telah diturunkan tensinya, tidak seperti waktu yang lalu,” lanjutnya. (Hana/ Radio Edukasi/ BPMRP)

Telah di Lihat 1100 kali

Tambah Komentar


keamanan
Perbaharui

pustekkomtve rumah belajar m-edukasi.net bse jardiknas kemdiknas