Artikel

Tips Memilih Gadget yang Tepat Untuk Anak

Di zaman modern ini, siapa yang tidak mengenal atau menggunakan gadget? Anak kecil saja sudah banyak yang menggunakan alat canggih tersebut.

Orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak dan memenuhi keinginan mereka. Sebagian orang tua membelikan anak gadget sebagai sarana belajar anak. Namun, bagi sebagian orang tua yang memiliki dana terbatas, memerlukan lebih banyak waktu untuk memilih gadget yang sesuai dengan anggaran. Tentu saja, harga yang beragam dan banyaknya jenis gadget akan membuat orang tua bingung ketika ingin membelikan gadget yang tepat untuk sang buah hati.

Berikut ini adalah Tips Memilih Gadget yang Tepat untuk Anak, seperti dilansir dari Tekno Liputan6.com:

1.Tujuan 

Pikirkan dulu apa tujuan Anda membelikan gadget: untuk bermain game atau sebagai sarana alternatif belajar anak. Orang tua berperan penting dalam menyesuaikan spesifikasi gadget yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anak.

2.Koneksi Internet

Sah-sah saja jika anak Anda menginginkan gadgetnya terhubung dengan internet sebagai pendukung mencari informasi mengenai mata pelajaran dan hobinya. Jika memerlukan koneksi internet, cermati fitur yang memungkinkan gadget terhubung ke internet dengan baik dan cepat. Seperti ketersediaan Wi-Fi, 3G, dan fitur lainnya. Jangan sampai Anda terlanjur membeli, namun selalu mengalami kesulitan untuk terhubung dengan internet.

3.Kapasitas Memori

Untuk menyimpan aplikasi atau video yang berhubungan dengan pendidikan, gadget memerlukan memori yang cukup besar. Untuk itu perhatikan juga kapasitas memori pada gadget yang ingin dibeli. Semakin besar memori, semakin banyak informasi atau aplikasi yang dapat disimpan.

4.Kamera

Anak-anak senang sekali bereksplorasi dan mengambil foto. Selain untuk mengasah kemampuan fotografi, kamera juga dapat digunakan anak untuk menangkap gambar hewan atau tumbuhan di sekitarnya, lalu mencari tahu mengenai hewan yang difotonya dengan internet.

5.Harga

Harga kerap menjadi bahan pertimbangan semua orang tua ketika membelikan gadget. Hampir semua orang tua mencari harga terbaik sesuai dengan dana yang mereka miliki. Tidak selamanya gadget yang berharga murah itu jelek dan berkualitas rendah. Saat ini banyak merk gadget yang menawarkan beragam fitur dengan harga yang bersaing dan tidak kalah dengan gadget merk kenamaan.

Ayah dan bunda, cermatlah dalam memilih gadget untuk anak Anda sesuai dengan yang dibutuhkan. Tetap awasi anak Anda dan bimbinglah dia agar tidak salah saat menggunakannya karena Internet memaparkan semua informasi, yang kadangkala tidak sesuai untuk anak-anak. Semoga bermanfaat... (Verin Wijaya/ Radio Edukasi/ BPMRP)

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar