Artikel

Berpikir Cerdas sebelum Menggunakan Powerbank

Pernahkah Anda mengalami saat genting dan harus menghubungi seseorang, namun ternyata baterai gadget habis? Semakin sering aktivitas kita berhubungan dengan gadget, semakin cepat juga daya baterai yang keluar dari gadget. Untunglah kita sudah dikenalkan dengan Powerbank, atau bisa disebut portable charger. Selain fungsinya yang maksimal, ternyata powerbank juga mendatangkan kerugian bagi umur gadget kita. Pada dasarnya powerbank berfungsi sebagai media penyimpanan daya listrik untuk mengisi kembali gadget saat krisis daya, dimana posisi kita jauh dari stop kontak. Pada awalnya powerbank hanya digunakan saat kita benar-benar membutuhkan. Tapi, bagaimana jika pengguna menyalahgunakan Powerbank secara berlebihan? Adakah efek negatifnya?

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Powerbank, dikutip dari Tekno-pedia.com

Kelebihan Powerbank:

1.Dengan banyaknya pilihan kapasitas, memungkinkan kita untuk menyesuaikan kapasitas Powerbank sesuai dengan keperluan gadget.

2.Powerbank bersifat universal, artinya bisa di-supply ke banyak gadget. Bermodal mini USB yang pas dengan port power, kita sudah bisa mentransfer daya yang tersimpan pada Powerbank dengan mudah, tentunya membutuhkan waktu sesuai kapasitas daya yang diperlukan oleh gadget tersebut.

3.Bentuknya yang portable dan ringkas membuat mobilitas kita tetap lancar.

Kekurangan Powerbank

1.Perbedaan tegangan, membuat umur baterai gadget kita menjadi pendek. Hal ini  dikarenakan adanya perbedaan tegangan antara Powerbank dengan gadget.

2.Dari kasus tersebut, efek fisik yang terlihat adalah baterai menggelembung.

3.Beberapa merk powerbank masih terbilang mahal.

4.Bobot powerbank relatif berat dan ada beberapa merk yang masih memerlukan kabel USB untuk mengoperasikannya. 

5.Sesuai fungsinya sebagai penyimpan daya, maka powerbank juga memerlukan proses charging yang cukup lama, tergantung kapasitas powerbank tersebut. Ada yang memerlukan waktu antara 5 hingga 6 jam sampai daya terisi penuh.

Kesimpulannya, powerbank adalah alternatif  untuk mengisi daya gadget disaat kamu benar-benar dalam kondisi jauh dari stop kontak. Tidak dianjurkan untuk menggunakan powerbank terlalu sering guna menjaga kondisi komponen gadget. (Verin Wijaya/ Radio Edukasi/ BPMRPK)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar