Artikel

Jurus Tingkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas

Maraknya berita di media akhir-akhir ini menggambarkan bahwa dunia pendidikan semakin terpuruk karena dianggap gagal mendidik generasi muda Indonesia. Peranan terbesar dari kegagalan itu sendiri adalah model pengajaran yang diterapkan selama ini dirasa kurang tepat. Lepas dari faktor penyebab kegagalan, guru memegang peranan penting dalam soal sukses atau tidaknya proses pembelajaran. Salah satunya guru tingkat SD, khususnya mata pelajaran eksakta. Siswa SD, katakanlah, akan cenderung jenuh jika guru kurang kreatif mengembangkan metode pembelajarannya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa selama beberapa dekade ini pendidikan hanya menyuguhkan hafalan. Ada anggapan yang mengibaratkan siswa seperti mesin foto kopi yang harus menghafal berlembar-lembar halaman buku pelajaran. Atau, siswa dipandang sebagai obyek, sehingga hanya disuruh mendengarkan guru ceramah. Siswa tidak diajak ikut berpikir bagaimana cara untuk mengembangkan hidup dari pelajaran yang mereka pelajari. 

Hal tersebut memicu timbulnya perasaan bosan di kalangan siswa. Berikut ini Anda dapat mengetahui dan mempraktikkan jurus jitu untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas agar tidak jenuh/bosan belajar. Jurus ini dikutip dari Kompasiana.com.

  • Pilihlah metode yang tepat

Guru sebagai pendidik diwajibkan memilih metode yang tepat. Usahakan metode yang diterapkan membuat siswa menjadi lebih aktif sehingga proses belajar-mengajar tidak membosankan.

  • Pilihlah media yang tepat

Guru sebagai pendidik sebisa mungkin memikirkan media apa yang cocok untuk digunakan dalam proses belajar-mengajar. Tujuan penggunaan media adalah agar siswa dapat menyerap pelajaran yang diajarkan secara aktual serta ikut bereksperimen.

  • Mengadakan simulasi-simulasi

Hal ini perlu dilakukan saat proses belajar-mengajar. Pilihlah simulasi yang bisa membangkitkan semangat siswa untuk belajar.

  • Lakukan kegiatan belajar-mengajar di luar kelas

Jangan hanya melakukakan proses belajar-mengajar di dalam kelas. Manfaatkan lokasi yang ada. Cobalah sesekali melakukan proses belajar-mengajar di luar kelas agar siswa tidak jenuh dengan suasana kelas.

  • Pendekatan terhadap siswa

Guru sebagai pendidik diharapkan melakukan pendekatan agar siswa tidak merasa sungkan untuk bertanya. Hal tersebut akan membuat siswa menjadi lebih aktif di kelas. 

Jurus di atas hanya beberapa, namun hal terpenting adalah guru harus mempunyai kreativitas dalam proses belajar-mengajar agar siswa bisa mengikuti pelajaran dengan ikhlas, senang dan tidak merasa bosan ataupun jenuh (VerinWijaya/RadioEdukasi/BPMRP).

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar