Berita Pendidikan

Lomba Musikalisasi Puisi Sasar Generasi Muda Mencintai Puisi

Yogya (RE) - Balai Bahasa Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Musikalisasi Puisi 2017, sebagai kegiatan rutin tahunan. Demikian ujar staf Peneliti Bidang Pengembangan Sastra sekaligus Koordinator Acara, Yohanes Adhi Satiyoko yang ditemui saat lomba berlangsung di Balai Bahasa, Jalan I Dewa Nyoman Oka 34, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta, Kamis pagi (18/5). Menurutnya, puisi merupakan ekspresi dari pikiran manusia yang harus diketahui oleh masyarakat. Banyak ekspresi yang dapat mewakili puisi, salah satunya melalui musik. Harapannya, dengan kemasan menarik maka pesan yang disampaikan dalam puisi tersebut mudah diterima.

Lomba Musikalisasi Puisi merupakan upaya pembinaan kepada masyarakat, khususnya generasi muda, agar lebih mampu memahami puisi, isi puisi, maupun cara menyampaikan puisi kepada masyarakat umum.

“Antusiasme pelajar dan generasi muda Yogyakarta terhadap musikalisasi puisi sangat besar. Selain musikalisasi, kami juga menyelenggarakan lomba menulis puisi dan antusias pesertanya juga luar biasa. Tujuan sebenarnya kami ingin mengangkat puisi itu dengan sesuatu yang berbeda, tidak hanya dibacakan. Yang kedua kami ingin melihat potensi generasi muda dalam menyampaikan puisi selain dengan cara membaca,” ujarnya.

Musikalisasi puisi diikuti oleh 20 peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Juara dari ajang ini nantinya akan maju ke tingkat nasional pada Bulan Bahasa dan Sastra, yang diselenggarakan Oktober mendatang. (BimaRizky/Radio Edukasi/BPMRPK)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar