Berita Pendidikan

Kota Yogyakarta Raih Nilai Rerata Tertinggi Dalam Hasil UN SMP

Yogya (RE) - Pengumuman Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat dilaksanakan secara serentak pada Jumat (2/6), pukul 10.00 Untuk pengumuman tingkat SMP ini Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah dan memperbolehkan sekolah untuk menggelar pengumuman tersebut dengan caranya masing-masing. "Berdasarkan hasil yang telah diterima dari pusat, untuk tahun ini Kota Yogyakarta meraih nilai rerata tertinggi se-DIY dengan nilai 271,65, dan kemudian disusul oleh Kabupaten Sleman di peringkat kedua dengan nilai rerata 255,65. Kabupaten Bantul di peringkat ketiga dengan nila rerata 247,55, Kulonprogo 240,58, dan Gunung Kidul 224,38. Tahun ini ada 533 sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional, dengan jumlah peserta sebanyak 51.023 siswa,” kata Kepala Dikpora DIY Baskara K. Aji, kepada media di kantornya (1/6).

Elisabeth Maria Indah Feiranti (SMP Negeri 1 Wonosari) berhasil meraih nilai tertinggi dengan total nilai 390,00, dan kemudian disusul oleh Karlina Nusawanindya (SMP Negeri 5 Yogyakarta) dengan total nilai 389,50.

"Kualitas sekolah di kabupaten/kota terus meningkat. Meski kota Jogja meraih nilai Ujian Nasional tertinggi, nilai terbaik siswa justru dari Gunungkidul," ujarnya.

Menurut Aji, dengan munculnya nilai terbaik UN dari Gunungkidul, ia berharap kabupaten tersebut bisa terus berbenah diri mengatasi kesenjangan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah sehingga tidak hanya sekolah tertentu yang berhasil mencapai standar kualitas baik.

"Standar deviasi tinggi di Gunungkidul karena terjadi gap pendidikan antarsekolah. Karenanya perlu upaya peningkatan kualitas dua puluh sekolah-sekolah dengan nilai UN terendah, melalui pelatihan para guru, khususnya di mata pelajaran yang nilainya terendah," tandasnya.

Sementara itu, Kasi Data dan TI Bidang Perencanaan dan Standarisasi Disdikpora DIY, Dwi Agus Muchdiharto menjelaskan, terdapat empat mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA) yang mana siswa di DIY berhasil meraih nilai 100,00 dalam UN SMP/MTs tahun ini.

"Rerata nilai Ujian Nasional untuk semua mapel tahun ini sebesar 248,43 dengan standar deviasi 60,30," paparnya. (Ken Fitriani/Radio Edukasi/BPMRPK)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar