Aktivitas

Bimtek Pemanfaatan Media Audio untuk PAUD di DIY

Yogya (RE) - BPMRPK telah mengembangkan berbagai model dan format media audio pembelajaran untuk PAUD, pendidikan formal, dan untuk anak berkebutuhan khusus tunanetra. Pengembangan model tersebut dilakukan melalui siklus pengembangan model yaitu analisis - perancangan - pengembangan konten - implementasi – evaluasi. Banyaknya model pembelajaran yang telah dihasilkan oleh BPMRPK tersebut  tidaklah berguna jika tidak disebarkan dan dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Oleh karena itu sangatlah diperlukan bimbingan teknis (bimtek) kepada pendidik atau peserta didik untuk dapat memanfaatkan model media yang telah dihasilkan.

Arie Kurniawan selaku PIC kegiatan Bimbingan Teknis menyampaikan, “Kali ini,  model media audio yang diperkenalkan adalah model Matahari (Media Audio Tuntunan ANak Sehari-hari), ABC (Aku Baca dalam Cerita), dan Ceria (Cerita Ekspresi dan Imajinasi Anak).”

Kegiatan Bimtek pemanfaatan media audio pembelajaran untuk PAUD telah dilaksanakan di 5 lokasi di Kabupaten/Kota di Provinsi DIY yaitu Kota Yogyakarta, Kab. Bantul, Kab. Sleman, Kab. Gunungkidul, Kab. Kulon Progo dengan peserta 10 orang guru PAUD di masing-masing lokasi (19-21 Juli 2017).

“Manfaat dari bimtek ini adalah agar penerapan atau pemanfaatan ketiga model tersebut dalam pembelajaran dapat berlangsung sesuai dengan tujuan pengembangan model,” pungkas Arie. (Arie Kurniawan/Radio Edukasi/BPMRPK)

This post has 2 Comments

  1. Eva Rahmawati | Senin, 07 Agustus 2017

    Assalamualaikum... Dear Admin.... bisa kah saya mendapatkan kit media audio dan audio visual dari BPMRPK ini? Bagaimana caranya ya? Apakah kami harus berkirim surat permohonan? kalau iya, harus kami alamatkan ke bagian apa ya? Saya seorang guru TK, yang berusaha mengenalkan ke anak-anak di bidang TIK. ya melalui audio, film edukatif, game interaktif, dll. Saya sangat tertarik dengan kegiatan bimtek media audio ini. seumpama hal serupa bisa dilaksanakan di kabupaten Ngawi, mungkin akan

  2. Danu Wiratmoko | Kamis, 31 Agustus 2017

    Selamat sore Ibu Eva Rahmawati. waalaikum salaam. Mohon maaf kami sangat terlambat untuk membalas pesan anda di sini. Untuk mendapatkan bahan ajar audio silakan mengajukan surat permintaan dan dialamatkan kepada: Kepala Balai Pengembangan Media Radio pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Jl. Sorowajan Baru No. 367 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Kantor kami hanya memproduksi bahan ajar audio. Sementara jika anda menghendaki bahan ajar berbasis audio visual silakan menghubungi Balai Pengembangan

Kirim Komentar