Aktivitas

Penulisan Naskah Bahan Belajar Berbasis Audio/Radio Pembelajaran untuk Tunanetra

Yogya (RE) - BPMRPK di tahun 2017 ini mengembangkan model dan format media audio untuk bahan ajar bagi tunanetra. Mata pelajaran yang akan diproduksi, yakni: bahasa Inggris untuk siswa setingkat SMP dan SMA. Selaras dengan hal ini, maka pada tanggal 24-26 agustus 2017, diadakan finalisasi naskah-naskahnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Penugasan Penulisan Naskah Bahan Belajar Berbasis Audio/Radio Pembelajaran untuk Tunanetra yang dilakukan pada tanggal 18 Juli 2017.

Adapun pembagian naskah terdiri atas: 50 naskah untuk setingkat siswa SMP; dan 30 naskah untuk setingkat siswa SMA. Selain naskah, para penulis diwajibkan pula untuk menuliskan panduan pemanfaatannya. Semua naskah serta panduan pemanfaatan dikaji oleh para pengkaji materi yang meliputi: sisi kebahasaan dan sisi kurikulum. Sejalan dengan semua naskah yang nantinya akan diproduksi menjadi media pembelajaran dalam bentuk audio, maka dalam pengkajian naskah juga melibatkan pula para pengkaji media. Untuk pengkaji materi terdiri atas dosen dan pengkaji materi freelance. Sedangkan untuk pengkaji media terdiri 15 orang pengkaji media dari BPMRPK.

Total naskah dan panduan pemanfaatan yang totalnya 80 naskah dan 80 panduan pemanfaatan, ditulis oleh para guru SMP dan SMA, dosen, serta penulis freelance. Sedianya dari hasil kegiatan ini, naskah yang sudah jadi akan diproduksi menjadi program audio/radio. Walaupun produk merupakan Bahan Belajar Berbasis Audio/Radio Pembelajaran untuk Tunanetra, namun diharapkan hasilnya bisa digunakan oleh siapa saja yang memanfaatkan. (Imron/Radio Edukasi/BPMRPK Kemdikbud)

This post has 2 Comments

  1. Chrstina | Kamis, 26 April 2018

    Kalau saya perlu material in bagaimana caranya ?

  2. Mariana Susanti | Rabu, 09 Mei 2018

    Ibu Christina, terima kasih sudah berkunjung ke laman web ini. Untuk mendapatkan materi media audio pembelajaran ada 2 cara yang bisa Ibu gunakan, yaitu: 1. Mendaftar menjadi anggota/member dengan klik LOGIN/DAFTAR di sebelah kiri atas halaman ini. 2. Mengirim surat permohonan resmi dari sekolah (jika ibu adalah Guru) dan ditujukan kepada BPMRPK (alamat ada di web ini). Permohonan yang dimaksud adalah permohonan media audio pembelajaran yang dapat dilihat di kolom PRODUK MEDIA AUDIO PEMBELAJ

Kirim Komentar