Aktivitas

Sosialisasi dan pemanfaatan media audio pembelajaran untuk PAUD

Yogya (RE) - Sosialisasi dan pemanfaatan media audio pembelajaran untuk PAUD tahun 2017 merupakan salah satu implementasi hasil pengembangan model media audio pembelajaran BPMRPK Kemdikbud. Kegiatan ini  dilaksanakan melalui dua  tahap, tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 9 - 10 Oktober  2017 di Kecamatan Minggir, (Kabupaten Sleman), Kecamatan Piyungan, Kecamatan Pleret (Kabupaten Bantul), Kecamatan Semanu (Kab. Gunung Kidul). Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 11 - 12 Oktober  2017 di Kecamatan Ponjong, Kecamatan Tegalrejo (Kota Yogyakarta), Kecamatan Panjatan, (Kabupaten Kulon Progo) dan  Kecamatan Ngemplak (Kabupaten Sleman).

Model yang disosialisasikan berupa  Aku Kenal Suara Itu (AKSI), Gelaria (Gerak Lagu Anak Ceria) dan Permata Nusantara(Permainan Anak Nusantara). Kegiatan yang melibatkan ketua IGTKI, kepala sekolah dan guru dari delapan kecamatan ini berlangsung selama dua hari. Hari pertama merupakan acara sosialisasi dengan peserta 15 kepala sekolah atau guru dari masing-masing kecamatan dengan agenda; paparan pemanfaatan teknologi pembelajaran di TK masing-masing kecamatan yang disampaikan oleh ketua IGTKI setempat, paparan pemanfaatan prototipa model media audio untuk PAUD oleh narasumber BPMRPK, simulasi pembelajaran pemanfaatkan media audio untuk PAUD oleh pendidik peserta sosialisasi yang ditunjuk dengan dibimbing tim fasilitator dan petugas dari BPMRPK, dilanjutkan penyerahan media audio pembelajaran untuk PAUD kepada peserta untuk dimanfaatkan di TK masing-masing.

Pada agenda hari kedua yaitu observasi pemanfaatan media audio pembelajaran untuk PAUD disalah satu TK yang ditunjuk. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru dapat memanfaatkan media audio pembelajaran sesuai bimbingan teknis yang diberikan sebelumnya. Peserta didik juga dapat mengikuti arahan dari guru dan mengikuti instruksi yang ada dalam media audio pembelajaran. (Innayah/Radio Edukasi/BPMRPK Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar