Berita Pendidikan

Speeder Inspiration STTNas Yogyakarta Jawarai KMLI IX

Yogya (RE) – Speeder Inspiration, mobil listrik karya mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas) Yogyakarta, berhasil menyabet gelar juara umum dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI IX) yang diselenggarakan pada 25-26 November 2017, di Politeknik Negeri Bandung. Speed Inspiration yang berbobot 243,1 kg tersebut juga berhasil meraih empat gelar, yakni  jaura I kategori pengereman, juara I kategori kecepatan,  juara I kategori daya tanjak , dan juara umum I.

“Kami sangat bangga dan mengapresiasi dengan apa yang sudah diraih oleh mahasiswa kami dalam KMLI IX. Hal ini tentu saja dapat mengharumkan nama STTNas Yogyakarta pada khususnya, dan Yogyakarta pada umumnya. Selama dua bulan mereka terus mempelajari keseluruhan desain dan mesin. Oleh sebab itu kami sangat berterimakasih kepada mahasiswa kami dan tim,“ papar Ketua STTNas Yogyakarta, Ir. Ircham, MT, di kampus setempat, Kamis (30/11).

Ircham menambahkan, kampus sangat mendukung penuh upaya dari Speeder Inspirtaion dalam kiprahnya pada kompetisi yang diadakan di dalam negeri, maupun di luar negeri. “Tim Speeder Inspiration ini menjadi salah satu unit kegiatan unggulan di kampus,  dan diharapkan dapat menjadi sarana bagi mahasiswa dalam berinovasi yang berkaitan dengan riset mobil listrik,“ jelasnya.

Dalam ajang yang diikuti oleh 24 peserta dari 20 perguruan tinggi se Indonesia tersebut, tim STTNas Yogyakarta sempat disambangi dan menerima ucapan selamat dari pegiat mobil listrik Indonesia,  Dahlan Iskan , dan penggagas munculnya mobil listri Indonesia, Ricky Elson. Pada kesempatan tersebut, Dahlan Iskan juga menyampaikan apresiasinya terhadap driver STTNas Yogyakarta, Nurcholis Budi Santosa, yang tampil memukau dan mampu menarik perhatian dari audiens. “Mahasiswa harus mampu melahirkan inovasi-inovasi nyata yang dapat memberikan kontribusi kepada Indonesia,“ paparnya. (Ken/ Radio Edukasi/ BPMRPK/ Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar