Artikel

Musik untuk Pendidikan Anak

“Bintang kecil di langit yang biru.  Amat banyak menghias angkasa. Aku ingin terbang dan menari. Jauh tinggi ke tempat kau berada.”

Itu adalah syair lagu berjudul Bintang Kecil ciptaan Daljono, yang pada akhirnya menjadi lagu anak-anak yang sangat populer. Ketika menyanyikan “Bintang Kecil”, ingatan saya kembali ke masa silam, saat Ibu sering melantunkan lagu ini sambil menemani saya bermain. Kala itu, masih banyak lagu anak-anak, seperti Nina Bobo, Pelangi-Pelangi, Balonku Ada Lima, dan masih banyak lagi. Saat dinyanyikan lagu-lagu tadi, saya merasa sangat senang.  Lagu-lagu tersebut sesuai untuk anak-anak sehingga mendorong saya (saat kecil) untuk bernyanyi, walaupun terkadang syairnya ada yang lupa.

Lagu-lagu anak-anak waktu itu memang sarat dengan pesan moral dan mendidik. Para pencipta lagu anak-anak pun dalam kesehariannya juga lekat dengan dunia anak, seperti Ibu Sud, AT Mahmud, dan Pak Kasur. Kondisi ini berbeda jauh dengan masa kini, dimana lagu anak-anak jumlahnya sangat minim. Akibatnya, anak-anak zaman sekarang mau tidak mau menyanyikan lagu-lagu percintaan orang dewasa, yang syairnya tentu saja tidak tepat bagi anak-anak. Hal ini terjadi karena lagu-lagu itulah yang sering mereka dengar dari media massa maupun lingkungan. 

Hal ini diperkuat oleh pernyataan dari Rina Wulandari, M.Pd., dosen Estetika Instrumental Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (FIP UNY) mengatakan saat ini banyak anak bisa dan menyukai lagu-lagu dengan lirik dewasa tidak lain karena pengaruh lingkungan. Oleh sebab itu, orangtua memiliki tanggungjawab untuk mengedukasi dan memberi pengertian pada anak tentang muatan lagu.

Selain lingkungan keluarga, sekolah merupakan komponen penting dalam memberi pengertian bagi anak-anak tentang musik. Setidaknya dengan pemahaman yang diberikan sekolah, akses lagu oleh anak lebih tersaring. Selain itu, sekolah harus memahami konsep pendidikan lewat seni. Di dalam konsep itu, pendidikan adalah hal yang paling diutamakan. Dimana seni adalah satu di antara media yang berfungsi untuk mendidik anak. Demikian juga dengan lagu sebagai produk seni. Oleh karena itu, ketika anak-anak diberikan lagu-lagu berkekuatan negatif maka akan negatif juga. Rina menambhkan, kalaupun musik digunakan untuk membentuk perilaku anak, maka sejak awal diciptakan lagu bertujuan sebagai media pendidikan, yang bermanfaat untuk membentuk pribadi dan akhlak anak-anak. 

Banyak orang bisa membuat lagu anak namun hanya sedikit yang bisa menyesuaikan dengan karakter anak, baik tinggi nada maupun muatan lagunya. Terkadang yang diperhitungkan secara dominan adalah unsur komersial, dan unsur pendidikannya belakangan. Dikutip dari surat kabar mingguan Minggu Pagi Edisi Desember 2017, Rina Wulandari menegaskan bahwa jika memang berniat mengaransemen lagu untuk anak-anak, seharusnya disesuaikan dengan perkembangan anak-anak. 

“Misalnya, tinggi nada anak paling rendah itu ada di C tengah. Yang paling pas mengajari vokal mereka adalah perempuan, karena wilayah suaranya sesuai dengan karakter anak,” ujarnya. Rina Wulandari menambahkan, ciri musik untuk anak-anak adalah tempo yang tidak terlalu cepat dan nada yang tidak terlalu tinggi. 

Biasanya para ibu yang mengenalkan anak dengan aktivitas menyanyi saat mengasuh anak. Pun ketika memperdengarkan lagu, pendampingan dari ibu sangat mutlak. Sebab lingkungan pembelajaran anak sangat memengaruhi kehidupan anak di masa mendatang. (YudhaWijasena/Radio Edukasi/BPMRPK/Yogyakarta)

 

This post has 2 Comments

  1. Nispu | Jumat, 04 Mei 2018

    Gimana cara buat ikutan jadi member

  2. Mariana Susanti | Rabu, 09 Mei 2018

    Ibu/Bp Nispu, Terimakasih sudah berkunjung ke laman web Radio Edukasi BPMRPK Kemdikbud. Untuk menjadi member/anggota cukup mudah. Silakan klik Login/Daftar yang ada di pojok kanan atas laman ini. Sesudah itu, isilah formulir pendaftaran. Jika sudah lengkap, klik daftar. Tak lama kemudian, cek email yang ibu/bp masukkan di formulir pendaftaran. Akan ada kiriman email dari sistim web kami untuk link aktivasi. Silakan klik link tersebut, dan ibu/bp akan log in dan sudah terdaftar menjadi member.

Kirim Komentar