Aktivitas

Penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM) Media Audio untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Yogya (RE) - Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK)  Yogyakarta dalam rangka melaksanakan pengembangan media audio pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini, di tahun 2018 ini, akan mengembangkan 3 model media audio pembelajaran antara lain: 1) model media audio Aku Baca dalam Cerita (ABC), yaitu model media audio yang mengajarkan cara bermain dan belajar huruf dan angka; 2) model Matahari (Media Audio Tuntunan Sehari-hari), yaitu model media audio yang mengajarkan tuntunan sederhana dalam kehidupan sehari-hari anak; dan 3) model Ceria (Cerita Ekspresi dan Imajinasi Anak), yaitu model media audio yang mengembangkan kemampuan imajinasi anak dengan cerita. 

Sebagai langkah awal dari proses pengembangan tersebut, BPMRPK mengadakan  kegiatan Penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM) Media Audio Pembelajaran untuk Anak Usia Dini, Senin (29/1). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berisi analisis pembelajaran sesuai dengan model dan format media untuk PAUD yang dikembangkan, pemilihan materi, identifikasi pokok-pokok materi, evaluasi pembelajaran, topik dan judul program, serta penjabaran materi. Hasil dari penyusunan GBIM JM ini akan menjadi bahan dasar dalam tahapan kegiatan penulisan naskah. Kegiatan ini telah menghasilkan 60 topik GBIM dan Jabaran materi dengan melibatkan penyusun 12 pendidik Taman Kanak-kanak dari DIY, pengkaji materi sejumlah 6 dosen dari perguruan tinggi di Yogyakarta, dan sejumlah pegawai BPMRPK selaku pengkaji media.

Media audio ini nantinya jika telah selesai diproduksi dapat menjadi media pendukung pembelajaran di PAUD. Bagus untuk siswa, karena menstimulasi peningkatan imajinasi dan kreatifitas anak dalam tumbuh kembangnya. (Yuni/ Radio Edukasi/ BPMRPK Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar