Aktivitas

Koordinasi Rekaman Program Ekspresi Anak Radio Edukasi dengan Guru-Guru di Wilayah DIY

Yogya (RE) - Pendidikan bagi Anak Usia Dini berorientasi pada pengembangan semua aspek perkembangan sesuai dengan tahapan usia anak. Menyikapi hal ini, BPMRPK memberikan wadah bagi anak-anak PAUD untuk dapat berekspresi sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Sejak 2016, BPMRPK melalui Radio Edukasi (RE) mengembangkan Program Siaran Radio yang bertajuk “Ekspresi Anak”. Program ini berfokus pada pengembangan bahan siar yang dapat merangsang anak untuk mencapai berbagai kompetensi, seperti mengeksplorasi kemampuan diri, mengekspresikan diri, berimajinasi dan mengapresiasi karya seni. 

Melalui program ini anak dapat meningkatkan kreativitas, kemampuan dalam bidang seni, kemampuan berbahasa, kemampuan berimajinasi dan mengekspresikannya kedalam bentuk audio. Berbagai bentuk ekspresi seperti puisi, nyanyian, drama, permainan musik, maupun ekspresi lain yang dapat diaudiokan dikemas kedalam sebuah program yang diharapkan dapat memperkaya materi pembelajaran di kelas maupun menginspirasi anak-anak dan guru untuk mengembangkan kreatifitasnya.

Proses produksi bahan siar ini melibatkan Guru sebagai Narasumber dan Siswa sebagai pengisi suara. BPMRPK membuka peluang bagi sekolah-sekolah yang ingin berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, salah satunya dengan melakukan broadcast kegiatan melalui berbagai media sosial sebagai upaya pengenalan program sekaligus sebagai undangan bagi sekolah-sekolah untuk berpartisipasi. Melalui sosialisasi tersebut dapat terjaring beberapa sekolah dari berbagai wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa diantaranya turut hadir dalam rapat koordinasi Produksi Program “Ekspresi Anak” yang berlangsung hari Kamis (8/2/18), di Ruang Sidang BPMRPK. Hadir 30 Guru dari 30 Sekolah di wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DIY.

Rapat dipimpin oleh Nurmina S.Pd. guru RA Muadz Bin Jabal 4 Keparakan Yogyakarta, selaku wakil guru dan Yasinta Kamarati, selaku Panitia Kegiatan Produksi “Ekspresi Anak” Radio Edukasi. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam dengan beberapa poin agenda. Kepala Seksi Produksi Model BPMRPK Drs.Eka Khristiyanta Purnama, M.Pd. yang mewakili Kepala Balai meyampaikan pengarahan dan bimbingan seputar kerjasama siaran selama ini. Dalam kesempatan yang sama, Yasinta mengawali dengan perkenalan singkat tentang tugas dan fungsi BPMRPK dan berbagai produk yang dikembangkan. Hal ini dimaksudkan agar sekolah-sekolah yang baru bergabung dapat lebih mengenal BPMRPK. Acara inti kedua penjelasan tentang “Program Ekspresi Anak” mulai dari tujuan, dasar pengembangan, identifikasi program, Panduan Penyusunan Naskah, teknis produksi (rekaman) dan koordinasi penyusunan jadwal kegiatan. Melalui kegiatan koordinasi ini dihasilkan jadwal rekaman, yang merupakan bagian proses produksi. Jadwal ini rencana dilaksanakan mulai bulan Maret 2018 hingga bulan November 2018. Acara ditutup dengan doa dan kunjungan ke studio rekaman serta ruang siaran Radio Edukasi. (Yasinta/ Radio Edukasi/ BPMRPK Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar