Berita Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UNY Kembangkan Sistem INDOPED

Yogya (RE) - Universitas Negeri Yogyakarta  (UNY), akan mengembangkan sistem Innovation Pedagogy for Indonesia Higher Education (INDOPED) di seluruh program studi. Sebelumnya, INDOPED juga sudah dikembangkan di Fakultas Bahasa dan Sastra UNY selama satu tahun terkahir ini. Pengembangan sistem INDOPED ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pendidikan tinggi, agar nantinya dapat bersaing secara global. “Sistem INDOPED yang diprakarsai oleh Kemenristek Dikti dan European Union ini bertujuan untuk mencari sistem pembelajaran yang tepat di jenjang pendidikan tinggi di Indonesia. Dalam penerapan sistem tersebut, mahasiswa akan diajak lebih aktif pada saat pembelajaran,  sementara dosen hanya bertindak sebagai fasilitator,“ kata Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd, dalam jumpa pers di kampus setempat, (7/3).

Saat ini UNY tengah mengembangkan pola pembelajaran dengan teknologi informasi, salah satunya adalah melalui digital library. Melalui sistem INDOPED tersebut, diharapkan pendidik dapat merubah paradigma teacher centered menjadi student centered. Pada saat pembelajaran berlangsung, mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dan inovatif. Selain itu, pendidik diharapkan menerapkan teknik discovery learning untuk mencari problem solving yang berkembang di masyarakat. “Kita punya LPMP yang saat ini sedang mengembangkan kurikulum Lesson Study dan INDOPED,“ papar Sutrisna.

Sementara itu, Harri Lappalainen dari Turku University Of Applied Sciences Finlandia menambahkan, melalui sistem INDOPED tersebut, mahasiswa tidak hanya datang, duduk dan diam. Proses pembelajaran yang dilakukan pun tidak hanya di dalam kelas, namun juga di luar kelas. (Ken/ Radio Edukasi/ BPMRPK Kemdikbud)

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar