Aktivitas

Peringati Hari Radio, Sekolah Gajahwong berkunjung ke BPMRPK

Yogya (RE) - Konsep belajar sambil bermain, ternyata memang sangat effektif diterapkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Anak memahami lingkungan disekitarnya langsung melalui apa yang ditemuinya di lingkungan. Upaya memberikan pengalaman belajar nyata kepada anak-anak ini salah satunya dilakukan melalui kegiatan fieldtrip. Melalui metode fieldtrip,  memungkinkan anak untuk dapat mengingat dan merekam berbagai kejadian yang dia alami secara langsung. Kegiatan fieldtrip memberikan peluang bagi anak untuk dapat belajar berkomunikasi dengan orang lain selain di lingkungan keluarga maupun lingkungan di sekolah. Selain itu melalui kegiatan ini dapat dikembangkan berbagai kemampuan lain seperti fisik motorik, kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, kemampuan mengeksplorasi lingkungan, meningkatkan kepercayaan diri, menumbuhkan keberanian, dan secara tidak langsung membantu membentuk karakter dan mental anak.

BPMRPK sebagai mitra pendidikan sekolah-sekolah di Indonesia, mencoba untuk berbagi pengalaman dan ilmu di bidang Pengembangan Media Radio kepada anak-anak usia dini. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk fieldtrip pengenalan Media Radio. Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan media radio sebagai salah satu bagian dari beragam media informasi yang ada. Fieldtrip  ini terbuka bagi seluruh sekolah di Indonesia yang ingin memberikan pengalaman nyata tentang dunia keradioan bagi siswa-siswanya. Menyambut hari Radio Sedunia tanggal 13 Februari, pada Senin, (12/2/2018), BPMRPK melalui Radio Edukasi, menerima 28 siswa dan 4 orang edukator dari Sekolah Gajahuwong.

Sekolah Gajahuwong merupakan sekolah yang didirikan oleh Komunitas Peduli Lingkungan yang disebut Komunitas Ledhok Timoho atau yang dikenal dengan perkumpulan TAABAH (Team Advokasi Arus Bawah). Sekolah ini dipimpin oleh Faiz Fakhruddin, seorang tokoh masyarakat yang aktif di isu anak dan memiliki kepedulian pada kehidupan anak kampung Ledhok Timoho. Bersama warga, Faiz Fakhruddin merintis Sekolah Gajahuwong yang awalnya hanya sebuah kelompok bermain untuk anak usia dini. Tujuan utamanya adalah untuk membentuk kemandirian masyarakat miskin kota. Sekolah ini mengedepankan keberagaman, kearifan lokal, ekologis, masyarakat sekitar sebagai media pembelajaran sesuai kurikulumyang disusun.

Kegiatan bermain bersama anak-anak Gajahuwong dilakukan untuk mengenalkan dan mendekatkan mereka pada media Radio. Anak-anak dikenalkan pada alat-alat yang digunakan dalam proses rekaman dan siaran, program siaran, serta orang-orang yang terlibat dalam penyiaran seperti penyiar, sutradara, operator dan editor. Sebagai edukator, atau guru, demikian istilah yang dipakai di sekolah Gajahuwong dalam kegiatan fieldtrip kali ini, Mbak Happy dari Sekolah Gajahuwong dan Mbak Yasinta dari Radio Edukasi. Unik memang, anak-anak sekolah Gajahuwong memanggil gurunya dengan sebutan “Mas” dan “Mbak” agar mereka lebih dekat dan bersahabat. Rangkaian kegiatan diawali dengan bermain bersama dolanan bocah, menceritakan rencana kegiatan dan membuat kesepakatan lalu berdoa memulai kegiatan yang dipandu oleh Mbak Happy. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan materi inti kegiatan pengenalan radio oleh Mbak Yasinta yang dibagi kedalam 3 kegiatan yaitu, pengantar tentang radio di kelas, praktek siaran dan rekaman serta pengenalan lingkungan radio. Anak-anak dapat secara bebas mengeksplorasi kemampuannya bernyanyi maupun berbicara di depan microphone. Mereka bermain peran seolah-olah menjadi seorang penyiar serta melihat “Radio” secara utuh. Anak-anak terlihat begitu gembira karena ini merupakan kali pertama mereka berkunjung ke radio. Mereka begitu antusias mengikuti berbagai kegiatan terlebih ketika mereka harus mencoba merekam suara mereka, dan seolah-olah menjadi penyiar di ruang siaran.. Fieldtrip ditutup dengan review kegiatan dan doa yang dipandu oleh Mbak Happy dan Mbak Yasinta.

Kunjungan ini memang bukan kali pertama kegiatan fieldtrip yang diadakan di BPMRPK sebagai upaya untuk memberikan pelayanan langsung kepada sekolah-sekolah. BPMRPK masih menyambut baik sekolah-sekolah yang ingin mengajak siswanya mengenal dunia Radio melalui fieldtrip di Radio Edukasi. Jadi..tunggu apa lagi, yuk datang ke Radio Edukasi. Selamat Hari Radio Sedunia. (YK/Radio Edukasi/BPMRPK Kemendikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar