Aktivitas

Pelatihan Pemanfaatan Siaran Radio Pendidikan Gelombang 3

Yogya (RE) - Kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Siaran Radio Pendidikan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan kembali diselenggarakan. Gelombang ketiga kali ini dilaksanakan Senin, (2/4/2018), diikuti oleh 18 pendidik PAUD di D.I.Yogyakarta. Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka pelatihan pemanfaatan siaran radio pendidikan dan sosialisasi produk bahan ajar dan bahan siar produksi BPMRPK.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh ketua panitia, lalu dilanjutkan dengan materi oleh tiga orang Narasumber. Narasumber pertama yairu Drs. Aristo Rahadi, M.Pd. yang menerangkan tentang pentingnya penguasaan TIK dalam dunia pendidikan. “Di jaman ini, TIK telah menjelma menjadi sosok ‘guru ketiga’ bagi pelajar dan pendidik. Berbagai informasi dapat didapatkan tanpa sekat. Adalah tugas kita untuk dapat memilah-milah dan menyaring informasi tersebut sehingga sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak bangsa,” demikian disampaikannya.

Narasumber berikutnya, Dr. Eka K. Purnama, M.Pd. dan Joko Wahyono, SE., secara stimultan menjelaskan tugas dan fungsi serta apa yang telah dihasilkan BPMRPK sebagai pengembang media pembelajaran dengan format audio. Penggunaan media audio dalam pendidikan, terutama PAUD, terbukti cocok dan dan dapat membantu guru dalam memberikan variasi-variasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, Narasumber juga menjelaskan apa saja produk-produk tersebut serta cara penggunaannya. 

Website radioedukasi.kemdikbud.go.id yang merupakan situs resmi BPMRPK juga diperkenalkan. Situs ini memuat informasi, fasilitas streaming siaran Radio Edukasi dan produk BPMRPK yang dapat diunduh. Tiap peserta dipandu untuk dapat registrasi di situs tersebut serta mengunduh sendiri produk-produk di dalamnya. Selain itu, peserta juga diajarkan cara membuat bahan siar untuk berpartisipasi di siaran Radio Edukasi. (Aji/ Radio Edukasi/ BPMRPK Kemendikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar