Aktivitas

Kegiatan Sosialisasi Produk Media Audio Pembelajaran untuk PAUD di Kabupaten 3T

Yogya (RE) - Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Produk Media Audio Pembelajaran untuk PAUD di 10 Kabupaten yang termasuk ke dalam wilayah 3T (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal). Tahap I dilaksakan tanggal 21-23 Maret 2018, sedangkan tahap II dilaksanakan tanggal 4-6 April 2018. Kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan studi kelayakan lokasi sekolah model di daerah 3T yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh BPMRPK. Adapun 10 kabupaten yang dikunjungi pada kegiatan sosialisasi ini adalah: Hulu Sungai Utara (Kalimantan Selatan), Landak (Kalimantan Barat), Donggala (Sulawesi Tengah), Aceh Singkil (Aceh) dan Sorong (Papua Barat), Gorontalo Utara (Gorontalo), Sumba Timur (NTT), Nunukan (Kalimantan Utara), Situbondo (Jawa Timur), dan Lombok Tengah (NTB).                                                                                                                                                                                        

Tujuan dari dilaksanakannya Sosialisasi Produk Media Audio Pembelajaran untuk PAUD di daerah 3T ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman serta pembekalan dalam pemanfaatan media audio PAUD di sekolah-sekolah wilayah 3T.

Kendala terbesar dari pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Produk Media Audio Pembelajaran untuk PAUD di daerah 3T ini adalah akses menuju lokasi yang memerlukan waktu relatif lama. Suatu hal yang sangat wajar, mengingat seluruh lokasi yang dikunjungi merupakan daerah 3T. Namun demikian, kendala ini tidak menghambat pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Produk Media Audio Pembelajaran untuk PAUD di daerah 3T. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten setempat dengan dihadiri oleh 25 orang Kepala/guru dari 25 TK/PAUD. Pada kegiatan sosialisasi ini BPMRPK bekerja sama dengan guru mitra yang memberikan contoh langsung berupa demonstrasi pemanfaatan media audio pembelajaran. Guru mitra ini merupakan guru TK yang terlibat dalam proses pengembangan media audio pembelajaran produk BPMRPK serta sudah memanfaatkannya di sekolah masing-masing. Dengan adanya praktik langsung serta sharing dari guru yang sudah memanfaatkan, diharapkan sosialisasi  Produk Media Audio Pembelajaran untuk PAUD di daerah 3T menjadi lebih efektif dan efisien.(Ari Kurniawan/ Radio Edukasi/ BPMRPK Kemendikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar