Berita Pendidikan

Peringati Hardiknas, 10 UPT Kemdikbud DIY Gelar Pekan Pendidikan Jogja

Yogya (RE) - Sepuluh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang berlokasi di Provinsi DIY akan menggelar “Pekan Pendidikan Jogja” dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018. Acara ini mengusung tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. “Pekan Pendidikan Jogja” berlangsung tanggal 21 s.d. 27 April 2018 bertempat di Museum Benteng Vredeburg dan Taman Pintar Yogyakarta.
 
Ketua Panitia sekaligus Kepala Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan di seluruh UPT Kemdikbud di setiap Provinsi dengan format yang sama. “Kegiatan ini berjalan di seluruh provinsi dengan format yang sama, diantaranya berisi kegiatan pameran pendidikan, bazar buku pendidikan, dialog publik, bioskop keliling dan pagelaran seni budaya,” ujarnya dalam jumpa pers yang diselenggarakan di Ruang Audio Visual Museum Benteng Vredeburg (17/4/2018). Semangat peringatan Hardiknas 2018 yaitu “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” diharapkan akan dirasakan seluruh pengunjung dan peserta melalui even ini.
 
Sementara itu, Koordinator Pesta Pendidikan 2018 Wilayah DIY Kaksam Rizky menambahkan bahwa Pesta Pendidikan sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk Yogyakarta. “Pesta Pendidikan setiap tahunnya mengusung tagline #SemuaMuridSemuaGuru. Tahun ini terdapat 7 kota yang kami datangi dengan beberapa rangkaian acara, termasuk Ngobrol Publik, Pameran Publik, Buka Pintu Sekolah dan Festival Publik,” ujarnya.
 
Adapun 10 UPT Kemdikbud yang bekerjasama dalam “Pekan Pendidikan Jogja” adalah: P4TK Matematika, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DIY, Museum Benteng Vredeburg, Balai Bahasa Yogyakarta, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK), Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Balai Arkeologi, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas), serta P4TK Seni dan Budaya. 
 
Pembukaan rangkaian kegiatan “Pekan Pendidikan Jogja” akan dilaksanakan pada Sabtu, 21 April 2018 pukul 14.00 WIB di halaman Benteng Vredeburg yang akan dihadiri oleh perwakilan setiap elemen pendidikan di Provinsi DIY dan Kemdikbud. Acara ini terbuka untuk umum sehingga masyarakat Yogyakarta (guru, siswa, pemerhati pendidikan, dan sebagainya) diharapkan dapat mengunjungi dan meramaikan even tahunan ini.  (Iin Nurmalia/Radio Edukasi /BPMRPK Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar