Artikel

Berbagai Manfaat Silaturahmi yang Perlu Anda Ketahui

Insan Edukasi, sebentar lagi libur panjang tiba! Libur sekolah sesudah terima rapor, dan libur dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439H. Apa rencanamu di liburan tahun ini? 
Salah satu acara liburan yang dinanti-nanti adalah bersua dengan keluarga besar, baik yang masih tinggal di kota yang sama, maupun luar kota. Apa manfaat bertemu dengan keluarga besar atau kerabat? Di bawah ini beberapa manfaat silaturahmi, seperti disampaikan oleh Ustadz Mustofa, narasumber Selami Ramadhan di Radio Edukasi setiap hari selama bulan Ramadhan, pk. 17.00-18.00 WIB:
 
1. Silaturahmi mampu mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta.
Allah memerintahkan setiap hambaNya agar selalu menjaga keutuhan antar sesama. Allah juga menjanjikan pahala bagi siapa saja yang mampu menjaganya dan Dia juga tidak segan memberikan peringatan bagi mereka yang memutus keutuhan tali silaturahmi. 
Silaturahmi merupakan tanda keimanan, hal tersebut diungkapkan melalui sabda Rasulullah yang artinya: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (Hadis Riwayat Abu Hurairah)
 
2. Silaturahmi mampu mendatangkan rezeki
Dalam beberapa hadis dan juga apa yang diyakini oleh umat Islam, bersilaturahmi bisa memperbanyak rezeki. Akan tetapi rezeki ini bisa bersifat langsung ataupun efek yang tidak langsung, dan yang perlu diperhatikan juga rezeki tidak mesti berupa harta benda, karena rezeki juga bisa berupa kesehatan, ketenangan batin, dsb. 
Tentu saja, silaturahmi harus diniatkan dengan ikhlas mengharap perkenan Tuhan bukan sekadar mengharap rezeki, imbalan atau pemberian orang lain. Orang yang berniat ibadah maka Allah akan memberikan berlipat ganda, sedangkan yang tidak ikhlas dan tidak lurus beribadah akan mendapat hanya yang dia inginkan saja.
 
3. Silaturahmi salah satu kunci masuk surga
Tuhan Allah menjanjikan pahala dan keberkahan bagi setiap hambaNya yang senantiasa menjaga tali silaturahmi. Janji Allah tersebut salah satunya adalah mendekatkan surga kepada hambaNya yang mampu menjaga silaturahmi dengan sesamanya, sebagaimana tertuang dalam hadis berikut:
“Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)
 
Balasan bagi siapa saja yang mampu menunaikan kewajibannya sebagai seorang hamba adalah ia didekatkan kepada surga dan dijauhkan dari panasnya api neraka. Silaturahmi tidak hanya memberikan keberkahan dan kebahagiaan bagi pelakunya. Para kerabat dan keluarga yang dikunjungi pun tidak luput dari rasa bahagia ketika mendapati bahwa keluarganya masih peduli dan memegang teguh rasa persaudaraan. Selain dapat merasakan manfaat silaturahmi yang akan menambah amal baik dan pahala, kita juga dapat meringankan beban anggota keluarga dengan bersedekah. (RimaAriska/RadioEdukasi/BPMRPKKemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar