Aktivitas

Perancangan Model Media Audio Pembelajaran untuk Tunanetra Tahun 2018

Yogya (RE) - Sesuai misinya dalam pengembangan model media pembelajaran yang inovatif, BPMRPK menyelenggarakan kegiatan Perancangan Model Media Audio Pembelajaran untuk Tunanetra Tahun 2018. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Mercure Yogyakarta (5-7/6). Kegiatan ini diikuti seluruh Fungsional PTP BPMRPK dan beberapa staff BPMRPK, serta pendidik SLB Tunanetra di DIY berjumlah 8 (delapan) orang dari SLB Yaketunis, SLB 1 Bantul, dan SLB 1 Wates.

Dalam kesempatan ini dihadirkan 5 (lima) orang narasumber yang tentu saja sangat berkompetan dalam pendidikan luar biasa dan media berbasis audio/radio. Mereka terdiri dari: Gogot Suharwoto, Ph.D., Kapustekkom Kemdikbud, dengan materi: Kebijakan Pengembangan Media untuk Tunanetra di Lingkungan Kemdikbud, Dr. Wiji Suparno, M.Phill.SNE Pengawas PLB Dinas Dikpora DIY, dengan materi: Pemanfaatan Media Audio Pembelajaran untuk Tunanetra di Yogyakarta, Dr. Marzuki, M.Ag. Kepala Pusat Pendidikan Karakter dan Pengembangan Kultur UNY, dengan materi: Rancangan Model Media Audio Penguatan Pendidikan Karakter untuk Tunanetra, Dr. Subagyo, M.Si. Dosen PLB UNS, dengan materi: Rancangan Model Media Audio Berbasis Daisy, dan Pamungkas Sugihartoko, ST. dengan materi: Rancangan Model Media Audio berbasis Android untuk Tunanetra.

Peserta telah berhasil menyusun rancangan Model Media Audio Pembelajaran untuk Tunanetra yang siap diproduksi Tahun 2018, yang terdiri atas: Model Si Juara (Solusi Jitu Audio untuk Tunanetra), yaitu produk rangkuman pengetahuan umum lengkap dalam bentuk audio digital berbasis android untuk tunanetra dengan menggunakan Daisy Book Reader, Model Panbinetra (Pandai Berbahasa Indonesia untuk Tunanetra), yaitu Model media audio Pengayaan Bahasa Indonesia untuk tunanetra disajikan dengan format MP3, Model Cermin 4 Sahabat, yaitu Cerita mini audio tentang 4 Sahabat Dikbud untuk penguatan pendidikan karakterdengan sasaran peserta didik tunanetra dengan penyampaian pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inquiri, Model Buka Suara (Buku Saku Audio untuk Anak Tunanetra), yaitu ringkasan materi buku pelajaran untuk tunanetra yang dikemas dengan format audio dengan TOC berbentuk Braille, dan UNBA (Ujian Nasional Berbasis Audio untuk Tunanetra), yaitu Ujian nasional untuk tunanetra berbasis audio yang sistemnya dirancang secara khusus dengan melibatkan seluruh peserta didik tunanetra yang akan mengikuti UN. Ujicoba kelima program ini diharapkan dapat dilaksanakan tahun 2018. (Bambang Edi Purnomo/ Radio Edukasi/ BPMRPK Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar