Berita Pendidikan

3.606 Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga ikuti PBAK

Yogya (RE) - Sebanyak 3.606 mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang tersebar di 8 fakultas, mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) sebagai rangkaian tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa baru. Kegiatan PBAK diawali dengan sholat hajat dan majelis ayat kursi, pembinaan mental spiritual yang dipimpin langsung oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Drs. Yudian Wahyudi, MA, Ph.D di masjid kampus.


“Tema PBAK tahun ini yakni Membangun Karater dan Integritas Mahasiswa yang Religius, Intelek dan Nasionalis, sehingga mahasiswa mampu menciptakan budaya dan kultur akademik yang kritis lalu mengembangkan tradisi riset bermoral dan berakhlak,” ujar ketua PBAK UIN Sunan Kalijaga, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos, M. Si,  Senin (27/8) dalam laporannya. 


PBAK diharapkan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dengan penuh sukacita, tanpa kekerasan fisik maupun verbal. Kepanitiaan PBAK dibentuk secara kolaboratif melibatkan pimpinan Universitas, para dosen, tenaga kependidikan, pengurus organisasi mahasiswa yang dimaksudkan dapat lebih optimal agar mahasiswa baru dapat memahami proses transisi dalam mamasuki perguruan tinggi.


Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Waryono, M.Ag mengatakan bahwa menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air merupakan bagian dari kecintaan terhadap agama, begitupun sebaliknya. “Mahasiswa baru harus mampu mengintegrasikan dan menginterkoneksikan ilmu umum dan ilmu agama sesuai dengan tujuan dari himne UIN. Bagi mahasiswa baru yang belum pernah mengenyam pendidikan pondok pesantren diharapkan setelah Sosialisasi Pembelajaran dapat mencari informasi untuk dapat mengikuti kegiatan pondok pesantren di bagian kemahasiswaan,” ujarnya.


Sementara itu, UIN Sunan Kalijaga juga menerima 11 mahasiswa baru yang berasal dari Serawak Malaysia. Kegiatan PBAK berlangsung selama 3 hari pada 27 sampai 29 Agustus 2018. (Iin Nurmalia/ Radio Edukasi/ BPMRPK Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar