Berita Pendidikan

Peringati HUT ke 66, SMAN 10 Yogyakarta Angkat Multikultural

Yogya (RE) - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66, SMA Negeri 10 Yogyakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan, diantaranya adalah bakti sosial dan pameran lukisan. Sebanyak 150 lukisan karya siswa dipamerkan di aula sekolah setempat. Kepala SMA Negeri 10 Yogyakarta, Basuki, M.Pd mengatakan untuk pameran lukisan ini sekolah sengaja mengangkat tema Budaya Nusantara. “Tema ini sangat sesuai dengan keadaan di sekolah kami yang berbasis multikultural, di samping juga sebagai sekolah adiwiyata yang memang menonjolkan kegiatan seni dan budaya,“ paparnya saat ditemui di ruangannya, Senin (3/9).


Basuki menambahkan, lukisan yang dipamerkan merupakan lukisan murni karya siswa-siswinya yang dibuat secara individu ataupun kelompok. Lukisan yang dihasilkan pun beragam, mulai dari tarian tradisional, tempat ibadah, hingga bangunan peninggalan sejarah yakni candi. “Ternyata siswa-siswi di sini mempunyai potensi yang luar biasa. Saya menyaksikan sendiri bagaimana mereka membuat lukisan tersebut sekitar 3-4 hari sebelum pameran. Nanti pada 14-16 September, karya-karya siswa tersebut akan dipamerkan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), dan terbuka untuk umum,“ jelasnya.


Sekretaris Panitia Kegiatan, Rinawati S.Pd mengatakan, sementara untuk kegiatan bakti sosial setiap kelas diwajibkan membawa bahan pokok yang berbeda. Untuk siswa kelas X diwajibkan membawa dua kilogram gula, kelas XI diwajibkan membawa dua liter minyak, dan kelas XII membawa dua kilogram beras. “Sekitar 600 paket sembako dibagikan kepada masyarakat sekitar dan pedagang kaki lima yang berada di kawasan Malioboro,“ paparnya. 


Untuk memeriahkan HUT sekolah yang jatuh pada 1 September tersebut, SMA Negeri 10 Yogyakarta juga menyelenggarakan berbagai kegiatan lainnya, seperti jalan sehat, lomba menghias tumpeng, bazar makanan, lomba geguritan, dan akustikan. Pada peringatan HUT tahun ini, SMA Negeri 10 Yogyakarta mengangkat tema besar ‘Dengan Peringatan HUT Ke-66 Kita Wujudkan Generasi yang Mempunyai Kepedulian Sosial, Citarasa Seni, dan Peduli Lingkungan’. (KenFitriani/Radio Edukasi/ BPMRPK Kemdikbud) 

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar