Berita Pendidikan

Pembangunan Berkelanjutan Menjadi Tema Besar Dies Natalis Fisipol UGM Ke-63

Yogya (RE) – Tahun ini Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) memasuki usia ke-63 tahun. “Pembangunan yang Berkelanjutan” menjadi tema besar Dies Natalis Fisipol UGM. Launching Dies Natalis diselenggarakan Rabu pagi (19/9/2018) di Gedung Selasar Barat, diawali dengan pertunjukan Reog Ponorogo Manggolo Mudho Pawargo dari Yogyakarta, dan ditandai dengan pemotongan pita sekaligus pelepasan burung.

Dekan Fisipol UGM, Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si dalam sambutannya mengatakan, banyak hal sudah diwujudkan oleh Fisipol baik dalam bentuk pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. “Tahun ini banyak hal yang kita capai, banyak dosen muda menyelesaikan pendidikan doktor, tahun ini kita dapat tambahan profesor, mudah-mudahan nantinya akan  ada penambahan profesi lagi. Hal tersebut merupakan  bagian dari pencapaian,” ujarnya (19/9).


Menurutnya, Fisipol mendukung berkembangnya mahasiswa kreatif dengan adanya startup yang diharapkan akan menjadi orang yang tidak hanya mengandalkan pada sektor-sektor yang sekarang sudah ada, namun sebagai upaya untuk mendukung revolusi industri 4.0. 
“Kami punya unit baru. Fisipol Creative Art, kita kembangkan laboratorium, semua diharapkan membekali mahasiswa, para dosen peneliti untuk menghadapi tantangan revolusi industri 4.0,” tambahnya.


Ia berharap, Fisipol UGM selalu relevan dengan tantangan persoalan yang dihadapi Indonesia untuk membantu sektor pemerintahan. Ke depannya anak muda harus dibekali kemampuan yang fleksibel, mengantisipasi perubahan yang tiba-tiba mendadak, baik segi knowledge, hard skill dan soft skill.


Sementara itu, Ketua Panitia Dies Dr. Silverius Djuni Prihatin, M.Si. dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Dies 63 ini ada beberapa rangkaian kegiatan, di antaranya seminar, family gathering, kegiatan olahraga mahasiswa, lomba menghias tumpeng, penampilan Gaspol Band, dan penampilan Forum Musik Fisipol (FMF). 


Saat ini Fisipol UGM mengupayakan untuk menuju world-class university. Beberapa programnya merupakan program internasional S1, S2, double degree, bekerjasama dengan berbagai universitas di dunia, mengembangkan riset kolaboratif dengan berbagai macam peneliti dari berbagai macam negara. (Iin Nurmalia/ Radio Edukasi/ BPMRPK Kemdikbud) 

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar