Berita Pendidikan

SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Mengirim Delegasi di Ajang Roket Air Tingkat Nasional

Yogya (RE) - Siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Muhammad Fikri Dzaki, akan mewakili D.I. Yogyakarta di kontes roket air tingkat nasional, Sabtu (29/9/2018). Sebelumnya siswa kelas IX ini berhasil meraih peringkat I di kontes serupa kategori SLTP yang diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta, pertengahan September kemarin. Gelaran itu melibatkan sekolah se-provinsi DIY dan daerah sekitarnya. Dari ajang tersebut penyelenggara mengambil 10 juara terbaik untuk dilombakan di tingkat nasional.

Guru pembimbing Hidayatullah Karismu Prajasasmita menjelaskan, prestasi tersebut sebenarnya sudah dipersiapkan hampir setahun sebelumnya yakni melalui pelatihan dalam ekstrakurikuler roket air di sekolah. Pelatihan tersebut berupa merakit roket, mulai dari merancang bagian sirip, menempatkan nose dengan titik pemberatnya guna mengatur keseimbangan, termasuk bagaimana  mengatur roket agar simetris.

Menurutnya hal yang paling penting dalam kontes roket ialah pembuatannya. “Pembuatan yang bagus presisi, kemudian akan membawa roket tersebut meluncur stabil di udara,” ujar guru mata pelajaran IPA ini, Kamis (27/9/2018).

Hidayatullah optimis siswanya akan mampu meraih prestasi pada ajang nasional tersebut. Meskipun rentang waktu persiapan dari kemenangan kemarin cukup dekat. Ditambah lagi, rentang waktu itu, pihaknya juga menggelar Penilaian Tengah Semester (PTS). “Cuma kemarin kita menyempatkan waktu 2 kali latihan,” ujarnya. Latihan itu memfokuskan pada dua aspek, yakni pembuatan roket serta menembakkan roket ke arah sasaran.

SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebenarnya sudah kali ketiga mengikuti kontes roket tingkat nasional. Hidayatullah berharap siswanya bisa mampu melaju ke tingkat internasional. “Paling tidak ada yang juara untuk maju ke tingkat internasional, insya Allah,” kata Hidayatullah penuh harap. (Mujaeni/RadioEdukasi/BPMRPK Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar