Berita Pendidikan

Peringati Hari Batik Nasional, Puluhan Siswa SD Membatik di Bandara Adisutjipto

Yogya (RE) - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, PT. Angkasa Pura I Bandar Udara (Bandara) Adisutjipto Yogyakarta mengajak puluhan siswa Sekolah Dasar membatik di lobi depan Terminal A Bandara, Selasa (2/10/2018). Peserta berasal dari perwakilan beberapa SD di sekitar Bandara. 

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama menjelaskan, keterlibatan siswa SD merupakan langkah pengenalan sejak dini terhadap warisan budaya. Selain itu untuk melatih keahlian mereka dalam upaya pelestarian batik.
Menurutnya, batik bukan saja kebanggaan bangsa Indonesia melainkan dunia. “Ini merupakan komitmen dari Angkasa Pura I bahwa kami ingin melestarikan budaya bangsa kita,” kata Agus.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menggandeng mitra binaan perajin batik. Mereka mendampingi siswa selama proses membatik sekaligus memamerkan proses membatik secara benar, sehingga para pengunjung bisa mengetahui sekaligus tertarik untuk belajar membatik.

Bambang, salah satu pembatik yang mendampingi peserta menjelaskan, pengajaran ke anak harus dimulai dengan hal yang mereka sukai seperti mewarnai pola serta mengamati proses membatik. “Kalau kita salah ngajar, dari yang susah dulu, dia akan lari, karena nyanting itu susah,” terang Bambang saat ditemui di sela-sela pendampingan.

Menurutnya, saat ini kesadaran generasi muda terhadap batik semakin meningkat. Hal itu ditunjukkan dengan beragam fashion yang muncul dengan memadukan batik. Namun ia menjelaskan, batik tidak hanya dapat diterapkan dalam fashion, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk desain interior ataupun alat rumah tangga. “Jadi jangkauannya lebih luas,” pungkas Bambang. (Mujaeni/ RadioEdukasi/ BPMRPK Kemdikbud)

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar