Aktivitas

Peringatan RE ke-11: Bertahan Mengikuti Laju Zaman

Yogya (RE) - Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) menggelar peringatan hari jadi Radio Edukasi (RE) yang ke-11 di halaman kantor setempat, Jumat (26/10/2018).

11 tahun yang lalu, tepatnya 25 Oktober 2007, RE untuk pertama kalinya mengudara lewat kanal AM 1251. Radio, dengan semboyan "Cerdas, Santun, dan Menghibur" ini, dalam perjalanannya mengalami banyak transformasi, salah satunya dalam upaya memperluas jangkauan siaran.

Guna mewujudkan hal itu, sekitar tahun 2009 kerjasama dengan berbagai lembaga penyiaran dilakukan, baik lembaga penyiaran publik/lokal, swasta, maupun komunitas. Alhasil, saat ini konten pendidikan yang sudah dikembangkan BPMRPK dapat diakses melalui siaran 66 stasiun radio di penjuru Indonesia. “Artinya, BPMRPK telah berkontribusi dalam memperluas akses pendidikan di Indonesia,” ujar Mariana Susanti, M.A, selaku Sekretaris RE.

Laju zaman yang memasuki era digital, menjadikan RE melakukan adaptasi. Di tahun yang sama konten siaran mulai bisa diakses melalui layanan streaming di laman radioedukasi.com - belakangan berubah menjadi radioedukasi.kemdikbud.go.id. Pada perjalanannya, laman ini mewadahi beragam konten yang dihasilkan BPMRPK, mulai dari hasil pengembangan model audio pembelajaran, artikel pendidikan, berita pendidikan, dan beragam produk lainnya, dengan tetap bermuatan edukasi.

Mariana Susanti menuturkan bahwa beragam siaran yang dihasilkan tidak terlepas dari kerja keras berbagai pihak yang terlibat. Dirinya mengapresiasi atas capaian RE selama ini. “Di tahun-tahun mendatang RE dapat terus bertahan dan mengadaptasi kemajuan zaman,” harapnya.

Peringatan hari jadi ke-11 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Drs. Wahyudi, M.Si selaku Kepala Seksi Produksi Model BPMRPK, yang didampingi Kasubag TU Joko Wahyono, S.E, dan perwakilan dari Pusat Teknologi Komunikasi Kemdikbud.

Kemudian acara dilanjutkan dengan makan bersama dan hiburan dari beberapa pelaksana dan pengelola RE. Tidak lupa, acara juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari pembawa acara. (Mujaeni/Radio Edukasi/ BPMRPK Kemdikbud) 

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar