Berita Pendidikan

Menkopolhukam Tutup Seminar Pemuda dan Belanegara UIN Sunan Kalijga

Yogya (RE) - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menutup Seminar Nasional bertajuk “Pemuda dan Bela Negara” yang digelar UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Sabtu (3/11/2018). Gelaran yang berlangsung sejak tanggal 1-3 November 2018 ini merupakan rangkaian acara dari Pekan Pancasila dan Bela Negara.

Wiranto menuturkan, kehadirannya mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir karena padatnya agenda. “Tentu saya mewakili bapak Presiden Republik Indonesia, yang sedianya beliau hadir, tapi karena kepadatan acara, sehingga mewakilkan atau memerintahkan mewakili kepada saya untuk memberikan ceramah sekaligus menutup,” kata Wiranto kepada media usai acara.

Dirinya mengapresiasi tema yang dihadirkan penyelenggara, yaitu mengenai Pancasila dan Bela Negara. Menurutnya hal itu bentuk kehendak yang kuat dari UIN Sunan Kalijaga sebagai kampus Pancasila.”Kampus yang bagaimana, kembali menempatkan Pancasila sebagai way of life,” katanya.

Wiranto juga mengatakan, Bela Negara merupakan sebuah keharusan bagi setiap warga negara. Tentu dengan tetap berpegang teguh pada Pancasila. Sementara itu, baik Pancasila maupun Bela Negara keduanya memiliki kata kunci yaitu persatuan sehingga persatuan merupakan hal mendasar yang harus terus dijaga. 
“Kemerdekaan karena Indonesia satu, kita bisa membangun kalau Indonesia satu, kita bisa aman mencapai masyarakat yang adil dan makmur dalam pembangunan kalau kita bersatu,” terangnya.

Menurutnya, forum yang melibatkan ribuan mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia tersebut, merupakan upaya untuk mengajak seluruh sitivitas akademika, pemuda, dan mahasiswa agar tetap menjaga semangat persatuan. Wiranto menghimbau agar masyarakat tidak menodai persatuan yang merupakan warisan dari para pendahulu bangsa. 
“Harus kita rawat, kita jaga dan kita jadikan modal, untuk membangun negeri ini mencapai masyarakat adil dan makmur,” pungkasnya.

Selain memberikan ceramah, diakhir acara Wiranto juga dianugerahi penghargaan sebagai dosen kehormatan UIN Sunan Kalijaga. (Mujaeni/Radio Edukasi/ BPMRPK Kemdikbud)

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar