Artikel

Musim Hujan Datang! Yuk, Jaga Kesehatan!

Musim peralihan seperti sekarang ini memang membuat tubuh rawan terserang penyakit. Adanya pergantian musim dari musim kemarau ke penghujan biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya.
 
Nah Insan Edukasi, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat di musim hujan, sudah disampaikan oleh dr. Fitri di siaran live interaktif RE Medika di Radio Edukasi pada hari Kamis, pk. 14.00-15.00 WIB. Simak tipsnya di bawah ini:

 

  • Selalu Bawa Payung atau Siapkan Jas Hujan
Membawa payung atau jas hujan ke mana pun pergi adalah hal yang sangat penting. Meskipun terkadang pagi hari matahari nampak sangat cerah, kita tidak akan tahu cuaca sore harinya bakal seperti apa. Hujan bisa turun kapan saja. Jadi pastikan selalu bersiap dengan kondisi apapun.

 

  • Jaga Suhu Tubuh Tetap Normal
Ketika cuaca tidak terlalu menentu, usahakanlah selalu menjaga suhu tubuh tetap normal. Saat kedinginan akibat adanya angin kencang atau hujan deras pakailah pakaian hangat atau gunakanlah selimut agar tubuh tetap hangat. Selain itu konsumsi minuman hangat juga menjadi hal yang disarankan.

 

  • Makan Makanan Bergizi Seimbang
Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang berbagai penyakit. Perbanyaklah makan makanan kaya vitamin C, serat dan juga antioksidan yang dapat menguatkan imun tubuh.

 

  • Cuci Tangan dengan Sabun
Tangan adalah tempat yang sering menjadi sarang virus dan bakteri. Banyak penyakit bisa muncul akibat lalai tidak mencuci tangan dengan baik dan benar. Jangan lupa ya, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah buang air besar dan sesudah beraktifitas. Jika tidak sempat cuci tangan, setidaknya gunakanlah hand sanitizer.

 

  • Jaga Kebersihan Lingkungan
Jika hujan turun dengan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai macam tempat, dan jika mengendap di halaman rumah, bisa membawa penyakit bahkan juga bencana banjir, dsb. Jadi, bersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit dan mencegah banjir datang.
 
Narasumber: dr. Fitri dalam siaran live RE Medika di Radio Edukasi, 15-11-2018 pk. 14.00-15.00 WIB

This post has 1 Comments

  1. Payung Souvenir | Jumat, 07 Desember 2018

    infonya sangat bermanfaat. karena sekarang sudah memasuki musim hujan. harus siapin payung biar ga kehujanan dan mencegah sakit. payung itu penting banget buat musim hujan, walaupun dapet payung hadiah dari souvenir hehehe ----------------------- Payung Souvenir https://www.redpodgifts.com/category/Apparel/Payung

Kirim Komentar