Berita Pendidikan

Kesekian Kalinya, UMY Menjadi Tuan Rumah ISF

Yogya (RE) -  Indonesia Scholarship Festival (ISF)  kembali digelar di tiga tempat berbeda secara berkelanjutan dalam satu pekan. Untuk Yogyakarta, ISF diselenggarakan di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu (6/2). ISF hadir untuk menjadi ruang pertemuan antara penyedia beasiswa, kampus terbaik di dunia dan kandidiat terbaik yang diselenggarakan oleh Koperasi Cempaka. “Acara ini merupakan salah satu upaya dalam menggali potensi generasi  muda untuk memasuki dunia internasional. Generasi muda ini  perlu dipersiapkan sejak dini, agar nantinya tidak hanya menjadi penonton saja,“ kata Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP, dalam konferensi persnya di sela acara.

Acara yang bertema ‘Mengintegrasikan Pendidikan dengan Inovasi Menuju Generasi Emas Indonesia tahun 2045’ tersebut, bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan informasi terbaru mengenai beragam  beasiswa yang tersedia dan sekolah tinggi lanjutan. “Kami mendukung penuh siapa pun yang menginisasi adanya acara serupa, karena hal ini menjadi salah satu cara paling efektif mempersiapkan generasi muda untuk dapat bersaing di jaman keemasan nanti,“ papar Gunawan.

Rektor menambahkan, acara ini sangat cocok bagi kaum milenial, di samping merupakan langkah cerdas dari Koperasi Cempaka Kementerian Keuangan RI, dalam kontribusinya memajukan pendidikan. “Dengan begini maka akan timbul lebih banyak generasi muda yang mencicipi beasiswa luar negeri sehingga nantinya akan berdampak pada meningkatnya daya saing bangsa,“ jelas Gunawan.

Program Manager ISF, Puguh Prasetyo mengungkapkan bahwa penyelenggaraan pameran beasiswa dan pendidikan pada level perguruan tinggi merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan aksesbilitas terhadap informasi bagi siapapun yang memiliki impian untuk melanjutkan studi, khususnya di luar negeri. “Harapannya di 100 tahun kemerdekaannya, Indonesia bisa mencapai masa keemasannya, dan pemuda sebagai efek bonus demografi adalah ujung tombak tercapainya visi Indonesia di tahun 2045 mendatang. Bonus demografi merupakan sesuatu yang harus dihadapi dengan optimis, sehingga bisa memberikan dampak positif yang bagi pembangunan bangsa,” jelasnya.

Pameran beasiswa dan pendidikan tinggi internasional tersebut mendatangkan beberapa penyedia beasiswa bergengsi dari dalam maupun luar negeri, seperti beasiswa unggulan Kemendikbud, Pusbindiklatren Bappenas, Nuffic Neso, Erasmus+, Aminef (Fullbright), DAAD, dan Australia Awards. Di samping itu, ISF juga menghadirkan institusi pendidikan, lembaga bahasa Inggris, serta partisipasi lebih dari 30 top kampus dunia. (Ken/Radio Edukasi/BPMRPK/Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar