Artikel

Kantong Udara Penunjang Keselamatan Pengendara

Insan Edukasi, kantong udara merupakan perangkat keselamatan yang terpasang dalam mobil. Fungsi utamanya yaitu untuk meminimalkan risiko kecelakaan. Siapa penemunya, dan bagaimana sejarah penemuan kantong udara?

Allen K. Breed adalah seorang penemu, pengusaha, dan pelopor dalam salah satu kemajuan yang paling signifikan untuk keselamatan otomotif akhir-akhir ini, yaitu kantong udara.

Setelah mendapatkan gelar sarjana Teknik Mesin dari Northwestern University di tahun-tahun sesudah Perang Dunia II, Breed pertama kali bekerja di desain produk RCA. Setelah naik ke posisi manajerial di sana, dan memimpin sebuah usaha patungan dengan Perusahaan Arloji Gruen, dia mendirikan perusahaan pertamanya, Waltham Teknik, pada tahun 1957.

Tahun 1961, Breed mendirikan perusahaan lain, yaitu Breed Corp., dalam rangka untuk mengembangkan keamanan dan mempersenjatai perangkat di bawah perjanjian dengan pihak militer AS. Seperti Jacob Rabinow, Breed kemudian menerapkannya ke ranah yang lebih luas, yaitu keahlian dalam teknologi sekering, waktu, dan sensor yang ia dapat dari pekerjaan militer. Secara khusus, Breed membayangkan sebuah aplikasi yang berguna untuk pemicu sensor dan pengendali ledakan, dalam bidang keamanan mobil.

Breed menciptakan sistemnya yang pertama tentang sensor dan keselamatan pada tahun 1968: ini adalah sistem kantong udara otomotif elektromekanik pertama di dunia dari jenisnya. Akan tetapi, walaupun secara teori kantong udara tidak benar-benar baru bagi industri otomotif, namun tetap membutuhkan beberapa waktu untuk mendapatkan penerimaan masyarakat luas. Breed tetap memimpin permainan kala tahun 1987 mendirikan Breed Automotive (sekarang Breed Technologies, Inc.) untuk menghaluskan dan memasarkan sistem keselamatannya.

Prinsip-prinsip bagaimana kantong udara beroperasi cukup dikenal. Kunci keberhasilan mereka adalah sensor tabrakan yang handal (yang mendeteksi sebuah dampak, baik yang tegas atau kombinasi dengan pengurangan kecepatan secara drastis), seketika memicu dan menempatkan bantal, dan pencegahan "cedera sekunder", yaitu terluka karena penumpang kontak dengan kantong udara.

Kantong udara belum terbukti sepenuhnya berhasil dalam memenuhi tantangan terakhir, tetapi sejak tahun 1991, Breed turut mematenkan kantong udara yang melepaskan udara saat menggembung, mengurangi resiko cedera sekunder dengan cara mengurangi kekakuan kantong gembung itu. Hal ini hanyalah salah satu dari dua lusin lebih penemuan keselamatan otomatis yang dipatenkan Breed selama bertahun-tahun. Hari ini, Breed terus mengawasi perbaikan keselamatan mekanik otomatis dan desain, termasuk keberhasilan pengenalan kantong udara berdampak samping.

Sementara itu, perusahaan Breed telah memperluas ruang lingkup yang mencakup sabuk pengaman, kemudi, dan teknologi keselamatan otomotif lainnya. Setelah berlokasi di Lakeland, Florida, Breed Technologies sekarang dikenal sebagai Key Safety Systems, Inc. dengan kantor pusat di Detroit, Michigan. Kantor ini melakukan pekerjaan penelitian, produksi, dan konsultasi di seluruh dunia, dan produk-produknya sekarang digunakan oleh lebih dari 400 model mobil.

Breed sendiri telah mendapatkan sejumlah penghargaan untuk pekerjaannya. Tahun 1998, ia termasuk dalam 500 Pengusaha Ernst & Young Tahun Ini; tahun 1996, ia dilantik ke dalam Tampa Bay Business Hall of Fame; tahun 1995, terpilih sebagai Pengusaha Nasional Tahun Ini. Selain memiliki keberhasilan usaha yang mengagumkan, Allen Breed, seperti William Bolander, yang memenangkan Anugrah Lemelson-MIT Perdana untuk penemuannya dalam keselamatan otomotif, telah menerapkan naluri inovatif untuk tujuan yang benar-benar baik.(ssn)

This post has 1 Comments

  1. Jasa website bogor | Rabu, 09 Mei 2018

    <a href="https://karinov.co.id/kayu-gelam">Kayu Gelam</a> https://karinov.co.id/kayu-gelam

Kirim Komentar