Aktivitas

  • Lokakarya Evaluasi Model Audio Pembelajaran

    Lokakarya Evaluasi Model Audio Pembelajaran

    Yogya (RE) - Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) melakukan pengembangan model dan format media audio dengan menggunakan pendekatan ADDIE Model. ADDIE Model sebagai pendekatan pengembangan model media audio/radio untuk pendidikan yang dilakukan oleh BPMRPK meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pada tahun 2021 ini, BPMRPK Kemdikbudristek mengembangkan 5 (lima) model pembelajaran berbasis audio. Siklus terakhir dalam tahap pengembangan model pembelajaran berbasis audio ini adalah evaluasi. Untuk itu, BPMRPK melaksanakan Lokakarya Evaluasi Model Audio Pembelajaran terhadap 5 model yang telah dikembangkan yaitu Model ELBI (Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia) untuk SMP/MTs, Aplikasi Bahasa Inggris SEE (Smart English Exposure) untuk SMP/MTs, Model BISMA (Bahasa Indonesia SMA/MA), Model Berdikari (Sumber Pendidikan Wirausaha Mandiri) untuk jenjang SMA/MA, dan Model VDL (Vodcast Distance Learning) Mata Pelajaran Program Siaran Jurnalistik dan Artistik untuk SMK.

    Selengkapnya


  • Fasilitasi Pemanfaatan Media Audio PAUD di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat

    Fasilitasi Pemanfaatan Media Audio PAUD di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat

    Wondama (RE) - Tim Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kemdikbudristek mendapat kesempatan membimbing 20 orang guru PAUD di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis audio. Kesempatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara BPMRPK Kemdikbudristek dengan LPMP Papua Barat dan Dinas Pendidikan Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Kegiatan berlangsung selama sehari yaitu pada tanggal 4 November 2021 dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Teluk Wondama.

    Selengkapnya


  • Preview Hasil Produksi Bahan Belajar dan Bahan Siar

    Preview Hasil Produksi Bahan Belajar dan Bahan Siar

    Yogya (RE) - Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) mempunyai tugas melaksanakan pengembangan media audio dan radio untuk pendidikan dan kebudayaan. Sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam melaksanakan pengembangan media audio dan radio untuk pendidikan dan kebudayaan, hal ini, menuntut kinerja Balai yang lebih optimal dengan dukungan sumber daya manusia yang handal dalam mengemban setiap pelaksanaan tugas dan fungsi BPMRPK. Tugas dan fungsi tersebut diimplementasikan dalam kegiatan pengkajian, perancangan, pembuatan, pemanfaatan, bahkan hingga evaluasi. Dengan demikian, BPMRPK dapat mengembangkan produk media audio dan radio untuk pendidikan dan kebudayaan yang efektif, efisien, dan menarik, serta dapat diterima oleh sasaran program.

    Selengkapnya


  • Perancangan Bahan Siar Radio Pendidikan

    Perancangan Bahan Siar Radio Pendidikan

    Yogya (RE) - Radio Edukasi adalah radio pendidikan yang dikembangkan oleh Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) sebagai wadah untuk mengimplementasikan hasil-hasil program media audio pembelajaran. Selain itu, Radio Edukasi didirikan sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk mengatasi kesenjangan dan pemerataan akses pendidikan. Sejak tahun 2008, Radio Edukasi telah memperluas jaringan pendengar dengan menjalin kerja sama dengan stasiun-stasiun radio, baik dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Papua, Sulawesi, Sumatera, NTT, dan NTB. Sebagai bentuk pelibatan dalam pengembangan konten audio pendidikan, maka sejak tahun 2010 BPMRPK mengajak stasiun radio mitra untuk berdiskusi bersama dalam merancang bahan siar radio pendidikan.

    Selengkapnya


  • Penerapan Model dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Audio Digital

    Penerapan Model dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Audio Digital

    Yogyakarta (RE) - BPMRPK bertugas melakukan pengkajian dan pengembangan model/aplikasi dan format media audio/radio untuk pendidikan seluruh jenis jalur, dan jenjang pendidikan di Indonesia. Pengkajian dan pengembangan model dan format media audio/radio pendidikan yang dilakukan oleh BPMRPK meliputi jenis pendidikan formal dan non formal, jalur sekolah dan luar sekolah, dan jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah (pertama dan atas), serta pendidikan tinggi.

    Selengkapnya


  • Memastikan Kualitas Melalui Previu Prototipe

    Memastikan Kualitas Melalui Previu Prototipe

    Yogyakarta (RE) - Lima puluh (50) judul prototipe telah diproduksi oleh tim Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) di BPMRPK, dari lima (5) model dan aplikasi pembelajaran untuk siswa dan guru SMP, SMA, dan SMK yang dikembangkan.

    Selengkapnya