Aktivitas

  • Penyusunan Rancangan Model Media Pembelajaran Berbasis Audio BPMRPK 2019

    Penyusunan Rancangan Model Media Pembelajaran Berbasis Audio BPMRPK 2019

    Kegiatan Penyusunan Rancangan Model Media Audio Pembelajaran merupakan tahapan kedua dalam proses pengembangan model setelah sebelumnya dilaksanakan kegiatan analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4, 6, dan 8 Maret 2019 dan diikuti oleh 12 pejabat JF-PTP selaku pengembang model, empat orang 8 orang guru selaku praktisi pendidikan, 4 orang narasumber pendamping model, dan 1 orang narasumber utama dari Universitas Sarjana Wiyata, Yogyakarta Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd.

    Selengkapnya


  • Studi Kelayakan Sekolah BPMRPK 2019: SIAP DIBINA DAN DIBIMBING

    Studi Kelayakan Sekolah BPMRPK 2019: SIAP DIBINA DAN DIBIMBING

    Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta melaksanakan kegiatan Studi Kelayakan Sekolah bersama para pejabat Dinas Pendidikan di daerah 3T( Terdepan, Terluar, Tertinggal) dan tim interviewer, di Hotel Horaios Yogyakarta (20-22/3/2019). Kegiatan tersebut dihadiri 17 narasumber pejabat dinas pendidikan daerah 3T yang akan diinterview oleh tim BPMRPK yang dilakukan secara berkelompok dalam pengambilan datanya.

    Selengkapnya


  • Bimtek Pendayagunaan Radio pendidikan gelombang I

    Bimtek Pendayagunaan Radio pendidikan gelombang I

    Kegiatan Bimbingan Teknis Pendayagunaan Siaran Radio Pendidikan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah salah satu kegiatan yang diadakan BPMRPK dalam rangka mensosialisasikan produk-produk bahan ajar dan siaran radio pendidikan kepada insan pendidikan di berbagai jenjang. Dan Gelombang pertama dari sepuluh gelombang yang direncanakan pada tahun ini telah terlaksana. Kegiatan ini diadakan pada hari Rabu tanggal 13 Februari 2019 di ruang rapat BPMRPK, Jalan Sorowajan Baru no.367, Banguntapan, Bantul dengan melibatkan 25 orang pendidik TK/PAUD dari penjuru provinsi DIY.

    Selengkapnya


  • Kegiatan Analisis Kebutuhan Mengawali Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Media Audio/Radio Tahun 2019

    Kegiatan Analisis Kebutuhan Mengawali Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Media Audio/Radio Tahun 2019

    Dalam dunia pendidikan dewasa ini dikenal berbagai macam model pembelajaran. Model-model pembelajaran dimaksud memiliki dasar teori masing-masing. Erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terkini, lahir dan berkembang model pembelajaran berbasis TIK. TIK sendiri saat ini sangat pesat perkembangannya, sehingga memberi ruang yang sangat terbuka bagi tumbuhkembangnya model pembelajaran berbasis TIK. Pembelajaran berbasis TIK merupakan manifestasi dari proses komunikasi bisa berlangsung secara cepat dan tanpa sekat. Model pembelajaran berbasis TIK juga berlangsung secara bebas tanpa dinding pembatas.

    Selengkapnya


  • Peringatan RE ke-11: Bertahan Mengikuti Laju Zaman

    Peringatan RE ke-11: Bertahan Mengikuti Laju Zaman

    Laju zaman yang memasuki era digital, menjadikan RE melakukan adaptasi. Di tahun yang sama konten siaran mulai bisa diakses melalui layanan streaming di laman radioedukasi.com - belakangan berubah menjadi radioedukasi.kemdikbud.go.id. Pada perjalanannya, laman ini mewadahi beragam konten yang dihasilkan BPMRPK, mulai dari hasil pengembangan model audio pembelajaran, artikel pendidikan, berita pendidikan, dan beragam produk lainnya, dengan tetap bermuatan edukasi.

    Selengkapnya


  • Finalisasi Penulisan Naskah Media Audio Pendidikan dan Pengetahuan Umum Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa SMP, SMA, dan Umum

    Finalisasi Penulisan Naskah Media Audio Pendidikan dan Pengetahuan Umum Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa SMP, SMA, dan Umum

    Pada tahun 2018 ini BPMRPK mengembangkan media audio Pendidikan dan Pengetahuan Umum mata pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa setingkat SMP dan SMA, serta masyarakat umum. Salah satu proses dalam pengembangan media audio ini adalah penulisan naskah media audio. Adapun kegiatan penulisan naskah ini melalui beberapa tahap kegiatan. Diawali dengan kegiatan penugasan penulisan naskah yang diselenggarakan pada tanggal 14 Mei 2018. Pada kegiatan ini diadakan diskusi antara penulis, pengkaji materi serta pengkaji media mengenai format naskah serta bahan penyerta yang akan ditulis. Kemudian pembagian tugas kepada penulis naskah. Naskah yang sudah ditulis oleh penulis naskah akan dikaji oleh pengkaji materi maupun pengkaji media secara online.

    Selengkapnya