Aktivitas

  • Fasilitasi Pemanfaatan Media Audio Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Daerah 3T

    Fasilitasi Pemanfaatan Media Audio Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Daerah 3T

    Pemerintah memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan di daerah 3T dengan tujuan untuk meningkatkan pemerataan pendidikan. Daerah 3T merupakan singkatan dari daerah tertinggal, terdepan, dan terluar di Indonesia. Sebagian besar daerah 3T menjadi gerbang tapal batas Indonesia. Letak daerah yang berada jauh dari ibu kota provinsi menjadikan pertumbuhan ekonomi menjadi terhambat dikarenakan pembangunan infrastruktur yang belum merata. Namun disisi lain, daerah 3T menyimpan keelokan yang sudah tidak dimiliki oleh daerah dengan peradaban yang tinggi, diantaranya kekayaan budaya yang menjadi ciri khas dan keunikan masing-masing daerah. Kearifan lokal dan budaya masih sangat di junjung di daerah daerah 3T.

    Selengkapnya


  • BPMRPK Raih Penghargaan Penyerapan Anggaran Terbaik Semester 1 tahun 2019

    BPMRPK Raih Penghargaan Penyerapan Anggaran Terbaik Semester 1 tahun 2019

    Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) berhasil meraih penghargaan atas prestasi kinerja penyerapan anggaran terbaik tahun 2019 semester 1 di lingkungan Pustekkom dan Balai Pendidikan dan Kebudayaan. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Pustekkom Kemendikbud, Gogot Suharwoto, kepada kepala BPMRPK, Ohorella Erma, di sela acara Workshop Evaluasi Pelaksanaan SAKIP tahun 2018 dan Strategi Penguatan Pelaksanaan SAKIP tahun 2019 di Lingkungan Pustekkom dan Balai Pengembangan Media Pendidikan dan Kebudayaan, yang dihelat di Hotel Aston Priority Simatupang & Convention Centre, Jakarta, 11-13 Juli 2019 yang lalu.

    Selengkapnya


  • BPMRPK, Pimpinan Baru Spirit Baru

    BPMRPK, Pimpinan Baru Spirit Baru

    Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan baru saja mengalami pergantian pemimpin. Saat ini, posisi Kepala Balai dipegang oleh Dra. Ohorella Erma. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Kepala Seksi Sarana di Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan di Sidoarjo Jawa Timur.

    Selengkapnya


  • Penyusunan Rancangan Model Media Pembelajaran Berbasis Audio BPMRPK 2019

    Penyusunan Rancangan Model Media Pembelajaran Berbasis Audio BPMRPK 2019

    Kegiatan Penyusunan Rancangan Model Media Audio Pembelajaran merupakan tahapan kedua dalam proses pengembangan model setelah sebelumnya dilaksanakan kegiatan analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4, 6, dan 8 Maret 2019 dan diikuti oleh 12 pejabat JF-PTP selaku pengembang model, empat orang 8 orang guru selaku praktisi pendidikan, 4 orang narasumber pendamping model, dan 1 orang narasumber utama dari Universitas Sarjana Wiyata, Yogyakarta Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd.

    Selengkapnya


  • Studi Kelayakan Sekolah BPMRPK 2019: SIAP DIBINA DAN DIBIMBING

    Studi Kelayakan Sekolah BPMRPK 2019: SIAP DIBINA DAN DIBIMBING

    Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta melaksanakan kegiatan Studi Kelayakan Sekolah bersama para pejabat Dinas Pendidikan di daerah 3T( Terdepan, Terluar, Tertinggal) dan tim interviewer, di Hotel Horaios Yogyakarta (20-22/3/2019). Kegiatan tersebut dihadiri 17 narasumber pejabat dinas pendidikan daerah 3T yang akan diinterview oleh tim BPMRPK yang dilakukan secara berkelompok dalam pengambilan datanya.

    Selengkapnya


  • Bimtek Pendayagunaan Radio pendidikan gelombang I

    Bimtek Pendayagunaan Radio pendidikan gelombang I

    Kegiatan Bimbingan Teknis Pendayagunaan Siaran Radio Pendidikan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah salah satu kegiatan yang diadakan BPMRPK dalam rangka mensosialisasikan produk-produk bahan ajar dan siaran radio pendidikan kepada insan pendidikan di berbagai jenjang. Dan Gelombang pertama dari sepuluh gelombang yang direncanakan pada tahun ini telah terlaksana. Kegiatan ini diadakan pada hari Rabu tanggal 13 Februari 2019 di ruang rapat BPMRPK, Jalan Sorowajan Baru no.367, Banguntapan, Bantul dengan melibatkan 25 orang pendidik TK/PAUD dari penjuru provinsi DIY.

    Selengkapnya