Aktivitas

  • Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Digital Bahasa Inggris

    Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Digital Bahasa Inggris

    Yogya (RE) - Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) menyelenggarakan kegiatan "Diseminasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Audio Digital Bahasa Inggris" selama dua hari, 1-2 Desemner 2021 di hotel The Rich Jogja. Kegiatan ini diikuti oleh 100 guru bahasa Inggris untuk jenjang SMP/MTs, SMA, dan SMK di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hadir secara daring dalam Pembukaan Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Bahasa Inggris ini, Kapusdatin Kemdikbudristek, Dr.M.Hasan Chabibie, S.T.,M.Si., yang ditemani oleh Kepala BPMRPK, Dra. Ohorella Erma, MI.Kom., Koordinator JF PTP Perancangan Model, Drs. Aristo Rahadi, M.Pd., Koordiantor JF PTP Produksi Model, Nur Faturrahman, S.Sos., M.Pd., serta Ka TU, Joko wahyono, S.E. yang turut hadir di lokasi penyelenggaraan kegiatan.

    Selengkapnya


  • Fasilitasi Pemanfaatan Media Audio/Radio untuk PAUD Gelombang I Tahun 2021

    Fasilitasi Pemanfaatan Media Audio/Radio untuk PAUD Gelombang I Tahun 2021

    Yogya (RE) - Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) memiliki tugas dan fungsi untuk mengembangkan model media audio/radio untuk pendidikan dan kebudayaan. Sejak tahun 2008 sampai 2020, BPMRPK mengembangkan media audio pembelajaran untuk menunjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam berbagai format sajian, antara lain cerita, menyanyi, dan permainan. Tiga format sajian yang utama untuk anak usia dini ini dikembangkan dengan konsep-konsep yang lebih khusus, seperti gerak dan lagu, mengenalkan huruf melalui cerita, mengenalkan berbagai suara, senam fantasi, permainan tradisional, cerita ekspresi dan imajinasi, dan tuntutan moral dalam hidup bermasyarakat. Tahun 2021, BPMRPK berupaya memfasilitasi sejumlah PAUD di sembilan (9) wilayah yaitu Ambon, Banjarnegara, Bojonegoro, Cilacap, Purwodadi, Purwokerto, Sukoharjo, Tegal, dan Tulungagung.

    Selengkapnya


  • Lokakarya Evaluasi Bahan Belajar Berbasis Audio

    Lokakarya Evaluasi Bahan Belajar Berbasis Audio

    Yogya (RE) - Setelah mendapatkan data dan informasi dari pengguna tentang pemanfaatan bahan belajar kepada para siswa di 25 sekolah melalui Uji Coba Bahan Belajar Berbasis Audio, BPMRPK melaksanakan tahap selanjutnya dalam pengembangan bahan belajar berbasis audio yaitu Lokakarya Evaluasi Bahan Belajar Berbasis Audio. BPMRPK melaksanakan kegiatan Lokakarya Evaluasi Bahan Belajar Berbasis Audio selama dua hari, pada tanggal 17 s.d. 18 November 2021 di Hotel New Saphir, Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi bahan belajar yang telah dikembangkan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelompok pengembang bahan belajar yaitu yaitu: 1) bahan belajar budaya dan bahasa Indonesia; 2) bahan belajar Paud Dikdasmen; 3) bahan belajar Vokasi; 4) bahan belajar untuk komunitas; dan 5) bahan belajar untuk pendidikan khusus dan pendidikan masyarakat (diksus & dikmas). Masing-masing kelompok bahan belajar akan memaparkan hasil uji coba yang telah dilakukan.

    Selengkapnya


  • Uji Coba Bahan Belajar Berbasis Audio

    Uji Coba Bahan Belajar Berbasis Audio

    Yogya (RE) - Tahun ini Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) mengembangkan lima bahan belajar berbasis audio yang dilakukan melalui tahapan perancangan program, peta materi, penulisan garis besar isi media (GBIM) dan jabaran materi (JM), penulisan naskah, produksi, preview, uji coba, dan evaluasi. Lima bahan belajar berbasis audio tersebut yaitu: 1) bahan belajar budaya dan bahasa Indonesia; 2) bahan belajar Paud Dikdasmen; 3) bahan belajar Vokasi; 4) bahan belajar untuk komunitas; dan 5) bahan belajar untuk pendidikan khusus dan pendidikan masyarakat (diksus & dikmas). Setelah melaksanakan kegiatan Preview Hasil Produksi Bahan Belajar Audio, maka dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu Uji Coba Bahan Belajar Berbasis Audio Pembelajaran.

    Selengkapnya


  • Lokakarya Evaluasi Model Audio Pembelajaran

    Lokakarya Evaluasi Model Audio Pembelajaran

    Yogya (RE) - Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) melakukan pengembangan model dan format media audio dengan menggunakan pendekatan ADDIE Model. ADDIE Model sebagai pendekatan pengembangan model media audio/radio untuk pendidikan yang dilakukan oleh BPMRPK meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pada tahun 2021 ini, BPMRPK Kemdikbudristek mengembangkan 5 (lima) model pembelajaran berbasis audio. Siklus terakhir dalam tahap pengembangan model pembelajaran berbasis audio ini adalah evaluasi. Untuk itu, BPMRPK melaksanakan Lokakarya Evaluasi Model Audio Pembelajaran terhadap 5 model yang telah dikembangkan yaitu Model ELBI (Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia) untuk SMP/MTs, Aplikasi Bahasa Inggris SEE (Smart English Exposure) untuk SMP/MTs, Model BISMA (Bahasa Indonesia SMA/MA), Model Berdikari (Sumber Pendidikan Wirausaha Mandiri) untuk jenjang SMA/MA, dan Model VDL (Vodcast Distance Learning) Mata Pelajaran Program Siaran Jurnalistik dan Artistik untuk SMK.

    Selengkapnya


  • Fasilitasi Pemanfaatan Media Audio PAUD di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat

    Fasilitasi Pemanfaatan Media Audio PAUD di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat

    Wondama (RE) - Tim Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kemdikbudristek mendapat kesempatan membimbing 20 orang guru PAUD di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis audio. Kesempatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara BPMRPK Kemdikbudristek dengan LPMP Papua Barat dan Dinas Pendidikan Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Kegiatan berlangsung selama sehari yaitu pada tanggal 4 November 2021 dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Teluk Wondama.

    Selengkapnya