Aktivitas

  • Bimbingan Teknis Pemanfaatan TIK untuk e-Pembelajaran di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Cabang IV Brawijaya Malang

    Bimbingan Teknis Pemanfaatan TIK untuk e-Pembelajaran di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Cabang IV Brawijaya Malang

    Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2021, BPMRPK bersama Pusdatin Kemendikbud , turut berkontribusi dalam Bimbingan Teknis Pemanfaatan TIK untuk e-Pembelajaran di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Cabang IV Brawijaya (01/04/21), yang bertempat di Dodik Bela Negara Kodam V Brawijaya Malang. Bimbingan teknis ini diikuti oleh 48 guru PAUD/KB Yayasan Kartika Jaya Cabang IV Brawijaya yang dibagi dalam dua kelas dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

    Selengkapnya


  • Bimbingan Teknis kerjasama antara Yayasan Kartika Jaya Cabang IV Brawijaya, Pusdatin dan BPMRPK Kemdikbud

    Bimbingan Teknis kerjasama antara Yayasan Kartika Jaya Cabang IV Brawijaya, Pusdatin dan BPMRPK  Kemdikbud

    Dalam rangka HUT ke-57, Dharma Pertiwi Yayasan Kartika Jaya Cabang IV Brawijaya melakukan Bimbingan teknis guna meningkatkan keterampilan SDM dalam Pemanfaatan TIK e-Pembelajaran 2021. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Yayasan Kartika Jaya Cabang IV Brawijaya, Pusdatin Kemdikbud dan BPMRPK Kemdikbud. Pelaksanaan bimbingan teknis berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 30 s.d 31 Maret 2021 bertempat di SMA Kartika 3, Jl. Brawijaya No.38 Surabaya, dengan diikuti oleh 54 peserta dari Pendidik PAUD/TK yang ada di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Cabang IV Brawijaya.

    Selengkapnya


  • Studi Banding Balai Teknologi Komunikasi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku di Radio Edukasi

    Studi Banding Balai Teknologi Komunikasi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku di Radio Edukasi

    Jumat 26 Maret 2021, BPMRPK Kemendikbud menerima kunjungan dari Balai Teknologi Komunikasi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku sebanyak 14 orang. Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding dengan Radio Edukasi yang merupakan salah satu produk dari BPMRPK Kemendikbud guna menambah wawasan dan pengetahuan staf sehingga memiliki kompetensi yang berkaitan erat dengan Radio Edukasi.

    Selengkapnya


  • Perancangan Model Pembelajaran Berbasis Audio/Radio

    Perancangan Model Pembelajaran Berbasis Audio/Radio

    Dalam rangkaian kegiatan pengembangan model/media pembelajaran berbasis audio digital, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kemendikbud mengadakan kegiatan Perancangan Model Pembelajaran Berbasis Audio/Radio yang dilaksanakan pada 16 s.d 18 Maret 2021, bertempat di Hotel Grand Rohan Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti 53 orang yang terdiri atas 20 guru bidang studi, 5 akademisi/praktisi, 23 orang PJF PTP BPMRPK dan 5 orang panitia kegiatan.

    Selengkapnya


  • Kunjungan Kerja P4TK TK dan PLB Kemendikbud

    Kunjungan Kerja P4TK TK dan PLB Kemendikbud

    Tanggal 8 Maret 2021, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud menerima kunjungan enam Pejabat Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran dari P4TK TK dan PLB Kemendikbud. Kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara kedua lembaga di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, utamanya dalam hal pemanfataan produk-produk media audio untuk PAUD dan PLB hasil produksi BPMRPK untuk digunakan dan dimanfaatkan seluas-luasnya, serta turut disebarluaskan oleh P4TK TK dan PLB.

    Selengkapnya


  • Analisis Kebutuhan Model Media Audio Pembelajaran

    Analisis Kebutuhan Model Media Audio Pembelajaran

    Tahun 2021, BPMRPK Kemendikbud akan mengembangkan model pembelajaran berbasis media audio untuk berbagai sasaran. Ada 5 model yang akan dikembangkan untuk berbagai jenjang, yaitu SMP, SMA, dan SMK. Untuk materi yang akan menjadi konten dalam kelima model tersebut yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Broadcasting, dan IPS.

    Selengkapnya