Artikel

  • Literasi Berkembang dengan E-Komik

    Literasi Berkembang dengan E-Komik

    Kemajuan negeri dapat terwujud dengan adanya investasi pemuda yang memiliki kesadaran tinggi terhadap literasi. Tingkat literasi yang rendah adalah hal penting yang harus segera disadari dan diatasi untuk menghadapi persaingan dunia yang semakin kompetitif. Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati rangking ke 62 dari 70 negara dari tingkat literasi. Menjawab tantangan yang nyata terhadap rendahnya literasi anak muda, Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbudristek terus berupaya menciptakan media pembelajaran untuk meningkatkan literasi berbasis digital mengingat teknologi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tingginya pengguna ponsel pintar di Indonesia yang mencapai 89% dari total penduduk Indonesia membuka peluang bagi BPMPK untuk menciptakan inovasi media pembelajaran yang tidak hanya mudah digunakan tetapi juga menarik dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Salah satunya adalah E-Komik.

    Selengkapnya


  • Kolaborasi Seni di Masa Pandemi

    Kolaborasi Seni di Masa Pandemi

    "Seni itu memperindah kehidupan. Kadangkala seni memudahkan hal yang sulit dan juga terkadang menyulitkan yang mudah." Begitulah ungkapan yang sesuai dengan kolaborasi seni di masa pandemi. Saat banyak orang terpuruk dengan keadaan, para pegiat seni justru menangkap hal yang dapat dijadikan peluang besar untuk menikmati hidup. Karena sejatinya menikmati hidup adalah salah satu seni menghadirkan kebahagiaan.

    Selengkapnya


  • CERDAS BERMEDIA DALAM MERDEKA BELAJAR

    CERDAS BERMEDIA DALAM MERDEKA BELAJAR

    Sebagai manusia, anda, saya, dan kita semua, patut selalu bersyukur karena Tuhan memberikan kita panca indera. Ke lima indera manusia meliputi indera pendengar (telinga), penglihatan (mata), indera pembau (hidung), indera perasa (lidah), dan indera peraba (kulit).

    Selengkapnya


  • Cegah Parotitis Pada Anak Dengan Vaksin MMR

    Cegah Parotitis Pada Anak Dengan Vaksin MMR

    Parotitis atau Gondongan atau Mumps terjadi akibat infeksi virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar liur di dalam mulut (kelenjar parotis), sehingga menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada kelenjar tersebut. Pada umumnya Parotitis atau Gondongan dapat menyerang semua kalangan usia. Akan tetapi, kondisi ini lebih sering menimpa anak-anak usia 5-14 tahun, dan jarang terjadi pada bayi di bawah 1 tahun.

    Selengkapnya


  • Permata Nusantara Dengan Tema Cing Ciripit

    Permata Nusantara Dengan Tema Cing Ciripit

    Permata Nusantara adalah media audio yang berisi cerita dan permainan dari penjuru nusantara. Disajikan secara menarik sebagai media alternatif dalam mengenalkan budaya Indonesia. Demikian ungkap Yasinta Kamarati, S.Sos., M.Eng sebagai PTP dari Balai Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Yogyakarta saat menjadi narasumber Suara Paud Indonesia, Rabu (31/3/2021).

    Selengkapnya


  • Mengenal Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

    Mengenal Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

    GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah kondisi reflux lambung ke dalam esophagus, menyebabkan gejala dan kerusakan jaringan esophagus berupa esophagitis, striktur esophagus dan barretts esophagus.

    Selengkapnya