Artikel

  • Tren Tradisi Bridal Shower Ala Kaum Millenial di Media Sosial Instagram

    Menjadi digital native membuat kaum muda millenial menghabiskan setidaknya 15 jam per hari untuk menjelajah internet, mengirim pesan, dan menggunakan media sosial. Termasuk di dalamnya konsumsi media sosial Instagram, dimana kaum muda di Indonesia biasa menghabiskan waktunya untuk berselancar dengan tapping instastories, timeline scrolling, dan juga explore dengan intensitas akses yang beragam. Mayoritas, masyarakat Indonesia menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi, membagi pengalaman saat bepergian, dan mencari informasi dan tren terbaru. Mereka memiliki realitas lain dari lingkungan sosial virtual yang sehari-hari mereka amati. Selain terjebak dalam pusaran tren yang terjadi di kalangan teman dekat, mereka juga lebih mudah untuk mengadopsi tren baru yang muncul dari social media influencer (selebgram) maupun public figure lainnya.

    Selengkapnya


  • Tips Menjalani Pertemanan yang Sehat

    Insan edukasi, apa sih alasan kamu dalam menjalin pertemanan? Apa karena rumahnya dekat? Atau hobinya sama? Seiring dengan perkembangan teknologi dan hadirnya media sosial, kita menjadi lebih mudah dalam mencari teman atau memperluas pergaulan. Jika jaman dahulu, ada yang namanya sahabat pena, jaman sekarang sudah berubah menjadi followers atau mutual friends. Kita bisa berteman dengan siapa saja, darimana saja, dan kapan saja hanya melalui jaringan internet.

    Selengkapnya


  • Menjadikan Petani sebagai Cita-cita Generasi Muda Melalui Pertanian Digital

    Insan edukasi, Mantan Menteri Pertanian Indonesia, Anton Apriyantono pernah berkata, Jangan pernah bermimpi pertanian Indonesia akan maju, selama pembangunan pertanian masih kalian serahkan kepada petani yang hanya lulusan SD. Pernyataan tersebut bukan berarti meremehkan para petani yang hanya lulus SD. Karena tidak sedikit petani yang hanya berbekal ijazah sekolah dasar bisa sukses dalam usaha mereka mengembangkan budidaya sektor pertanian. Pernyataan dari mantan menteri pertanian ini harus kita maknai bahwa untuk bisa memajukan pertanian Indonesia, butuh sumber daya pelaksana yang berkualitas tinggi. Baik dalam segi keilmuan petaninya maupun sarana pendukung lain dan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

    Selengkapnya


  • Jelajah Karya Seni Modern di Tumurun Private Museum Solo

    Jelajah Karya Seni Modern di Tumurun Private Museum Solo

    Solo bisa jadi rekomendasi untuk Insan Edukasi yang berencana jelajah wisata budaya dan sejarah. Bicara soal batik dan keraton, tentu merupakan hal biasa yang melekat pada identitas Solo. Namun, untuk seni kontemporer dan modern, tampaknya merupakan hal yang baru dan belum banyak mendapat sorotan wisatawan. Salah satunya ialah Tumurun Private Museum yang dibuka April 2018 lalu dan mendapat nominasi Anugerah Purwakalagrha Indonesia kategori Museum Populer 2018. Seperti apa isinya? Berikut ulasan dari salah satu penyiar Radio Edukasi Kiky Anjani usai berlibur ke sana.

    Selengkapnya


  • Songgo Buwono, Makanan Para Priyayi Yogya

    Songgo Buwono, Makanan Para Priyayi Yogya

    Kraton Yogyakarta memiliki banyak makanan khas dengan berbagai cita rasa. Bahkan, beberapa makanan tersebut hanya dapat dinikmati oleh kalangan kerajaan saja. Salah satunya adalah Songgo Buwono. Songgo Buwono yang berarti penjaga alam semesta tersebut, merupakan makanan kesukaan Sri Sultan Hamengku Buwono VII , yang pada waktu itu hanya disuguhkan untuk para kerabat Kraton.

    Selengkapnya


  • Liburan Di Rumah Aja? Mending Baca 5 Rekomendasi Novel Science-Fiction Yang Seru Ini Yuk!

    Kamu bingung mau ngapain saat libur tiba? Mending coba kegiatan lain yang lebih bermanfaat, misalnya membaca novel Science-fiction. Yap! Selain menambah pengetahuan, membaca novel bisa menjadi salah satu jenis hiburan yang efektif untuk menghilangkan stres, loh. BTW, ada 5 rekomendasi novel fiksi yang menarik buat kamu baca, nih. Yuk, lihat!

    Selengkapnya