Artikel

  • "Ceria" Mengajak Siswa PAUD Berimajinasi

    Audio Ceria adalah akronim dari Cerita Ekspresi dan Imajinasi Anak. Ceria adalah salah satu model audio untuk PAUD yang dikembangkan oleh Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Demikian ujar Ibnu Hidayat,S.Sos dalam talkshow interaktif Suara PAUD Indonesia di Radio Edukasi Rabu (24/2/2021) yang dipandu oleh penyiar Radio Edukasi, Icha Kinanthi. Ibnu Hidayat merupakan salah seorang Pengembang Teknologi Pembelajaran di BPMRPK Kemdikbud.

    Selengkapnya


  • Mengenal Sastrawan Bali Dan Karya Puisi Bertema Lingkungan

    Mengenal       Sastrawan           Bali        Dan       Karya         Puisi      Bertema Lingkungan

    Perkembangan puisi Indonesia di Bali dalam lima dekade terakhir, yaitu dari periode 1970-an sampai 2010-an. Seperti yang dinyatakan oleh Damono bahwa perkembangan puisi Indonesia modern tahun 1970-an merupakan konsekuensi dari dasawarsa sebelumnya, ditinjau dari segi tematik atau pun stilistikanya. Penyair yang menulis tahun 1960-an di Indonesia telah melahirkan puisi-puisi "perjuangan" dan humanisme yang dipengaruhi kuat oleh paham realis sosialis. Begitu pula, puisi-puisi karya penyair di Bali pada tahun 1960-an ini masih berkembang dan berlanjut pada dasawarsa setelahnya, yaitu 1970-an.

    Selengkapnya


  • Membentuk Karakter Anak dengan Matahari

    Membentuk Karakter Anak dengan Matahari

    Matahari adalah salah satu model audio pembelajaran yang dikembangkan oleh Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Yogyakarta. Matahari merupakan singkatan dari media audio tuntunan anak sehari-hari. Hal ini disampaikan oleh Sapar,M.Pd selaku PTP BPMRPK pada saat mengisi acara Suara Paud Indonesia, pada Rabu (12/02/2021) yang disiarkan melalui Live Youtube Radio Edukasi dan dipandu oleh Ratih Sukma selaku Penyiar Radio Edukasi.

    Selengkapnya


  • Sastra Dan Politik

    Sastra Dan Politik

    Sastra adalah karya imajinatif dan kreatifitas dari seorang pengarang yang dituangkan dalam bahasa. Bentuk karya sastra dapat berupa puisi, cerita pendek, drama, novel, dsb. Karya sastra dapat mempengaruhi peta politik di Indonesia, karena erat kaitannya dengan kehidupan, politik dan kekuasaan. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Pardi, M.Hum yang merupakan seorang Peneliti dari Balai Bahasa Yogyakarta, pada saat siaran Kolase Inovasi pada Kamis (4/2/2021) yang disiarkan melalui Live Instagram Radio Edukasi dan Aplikasi Radio Edukasi. Dr. Pardi, M.Hum juga menjelaskan posisi sastra di Indonesia.

    Selengkapnya


  • Gelaria Menjadi Media Pendukung Pembelajaran di PAUD

    Gelaria Menjadi Media Pendukung Pembelajaran di PAUD

    Anak usia dini usia 0-6 tahun tingkat perkembangan kecerdasannya berada pada masa emas. Study longitudinal bloom menyebutkan bahwa anak usia 4 tahun kapasitas kecerdasannya sudah mencapai 50 % ketika 4 tahun menjadi 80% seterusnya 13 tahun menjadi 92% dan ketika 18 tahun mencapai 100% Dengan mengetahui tingkat kecerdasan anak dengan beragam usia ini dan memperhatikan keunggulan media audio. Maka pada 2015 Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) mengembangkan Gelaria Gerak dan lagu anak ceria.

    Selengkapnya


  • Asah Imajinasi Anak Melalui Permata Nusantara

    Asah Imajinasi Anak Melalui Permata Nusantara

    Permata adalah singkatan dari Permainan dan Cerita Anak Nusantara yang merupakan sebuah bentuk model audio pembelajaran yang dikembangkan oleh Pengembangan Teknologi Pembelajaran (PTP) Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Yogyakarta. Berbeda dengan Gelaria, model audio Permata lebih fokus pada permainan nusantara yang diperuntukkan untuk anak-anak usia dini, salah satunya Ampar-Ampar Pisang.

    Selengkapnya