Artikel

  • Gelaria Menjadi Media Pendukung Pembelajaran di PAUD

    Gelaria Menjadi Media Pendukung Pembelajaran di PAUD

    Anak usia dini usia 0-6 tahun tingkat perkembangan kecerdasannya berada pada masa emas. Study longitudinal bloom menyebutkan bahwa anak usia 4 tahun kapasitas kecerdasannya sudah mencapai 50 % ketika 4 tahun menjadi 80% seterusnya 13 tahun menjadi 92% dan ketika 18 tahun mencapai 100% Dengan mengetahui tingkat kecerdasan anak dengan beragam usia ini dan memperhatikan keunggulan media audio. Maka pada 2015 Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) mengembangkan Gelaria Gerak dan lagu anak ceria.

    Selengkapnya


  • Asah Imajinasi Anak Melalui Permata Nusantara

    Asah Imajinasi Anak Melalui Permata Nusantara

    Permata adalah singkatan dari Permainan dan Cerita Anak Nusantara yang merupakan sebuah bentuk model audio pembelajaran yang dikembangkan oleh Pengembangan Teknologi Pembelajaran (PTP) Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Yogyakarta. Berbeda dengan Gelaria, model audio Permata lebih fokus pada permainan nusantara yang diperuntukkan untuk anak-anak usia dini, salah satunya Ampar-Ampar Pisang.

    Selengkapnya


  • Melacak Jejak Austronesia di Kawasan Pantai Utara Jawa

    Melacak Jejak Austronesia di Kawasan Pantai Utara Jawa

    Orang-orang berbahasa Austronesia bukan merupakan penduduk asli. Mereka merupakan orang-orang dari Tiongkok Selatan. Pada 5000 SM mereka hidup di Tiongkok dengan kondisi wilayah yang subur makmur dan masyarakatnya maju. Memiliki teknologi yang maju untuk ukuran pada saat itu. Merka dapat membuat gerabah untuk tempat minum, membuat kapal untuk berlayar, bahkan kapal bercadik yang sangat modern. Pada saat itu orang belum mengenal tembikar dan masih banyak menggunakan daun-daunan untuk segala keperluan termasuk alas makan.

    Selengkapnya


  • Arkeologi Untuk Menunjang Pendidikan

    Arkeologi Untuk Menunjang Pendidikan

    Balai Arkeologi Yogyakarta adalah salah satu unit pelaksana teknis (UPT) bidang arkeologi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dengan wilayah kerja tiga provinsi: D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

    Selengkapnya


  • Waspada, Kencing Berdarah

    Waspada, Kencing Berdarah

    Selengkapnya


  • Pentingnya Pemetaan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

    Pentingnya Pemetaan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

    Pendidikan anak usia dini merupakan suatu pendidikan yang penting sekali diberikan kepada setiap anak dengan usia dibawah usia masuk kelas taman kanak-kanak. Tentunya di dunia pendidikan saat ini, setiap anak yang akan beranjak masuk kedalam taman kanak-kanak haruslah lulus sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Tentunya bukan kompetensi anak yang harus memenuhi kompetensi tersebut. PAUD juga harus selalu bisa memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan atau pemetaan mutu pendidikan anak usia dini.

    Selengkapnya