Artikel

  • Melacak Jejak Austronesia di Kawasan Pantai Utara Jawa

    Melacak Jejak Austronesia di Kawasan Pantai Utara Jawa

    Orang-orang berbahasa Austronesia bukan merupakan penduduk asli. Mereka merupakan orang-orang dari Tiongkok Selatan. Pada 5000 SM mereka hidup di Tiongkok dengan kondisi wilayah yang subur makmur dan masyarakatnya maju. Memiliki teknologi yang maju untuk ukuran pada saat itu. Merka dapat membuat gerabah untuk tempat minum, membuat kapal untuk berlayar, bahkan kapal bercadik yang sangat modern. Pada saat itu orang belum mengenal tembikar dan masih banyak menggunakan daun-daunan untuk segala keperluan termasuk alas makan.

    Selengkapnya


  • Arkeologi Untuk Menunjang Pendidikan

    Arkeologi Untuk Menunjang Pendidikan

    Balai Arkeologi Yogyakarta adalah salah satu unit pelaksana teknis (UPT) bidang arkeologi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dengan wilayah kerja tiga provinsi: D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

    Selengkapnya


  • Waspada, Kencing Berdarah

    Waspada, Kencing Berdarah

    Selengkapnya


  • Pentingnya Pemetaan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

    Pentingnya Pemetaan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

    Pendidikan anak usia dini merupakan suatu pendidikan yang penting sekali diberikan kepada setiap anak dengan usia dibawah usia masuk kelas taman kanak-kanak. Tentunya di dunia pendidikan saat ini, setiap anak yang akan beranjak masuk kedalam taman kanak-kanak haruslah lulus sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Tentunya bukan kompetensi anak yang harus memenuhi kompetensi tersebut. PAUD juga harus selalu bisa memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan atau pemetaan mutu pendidikan anak usia dini.

    Selengkapnya


  • Waspada, Stunting Mengintai Anak

    Waspada, Stunting  Mengintai Anak

    Hingga kini, istilah stunting masih belum banyak dikenal, terutama oleh masyarakat Indonesia. Padahal, menurut data, saat ini Indonesia berada pada urutan ke-5 di dunia yang memiliki angka anak stunting. Artinya, semakin banyak anak Indonesia harus mengalami masalah tumbuh kembang stunting.

    Selengkapnya


  • Matematika Untuk Semua

    Matematika Untuk Semua

    Matematika secara turun-temurun selalu menjadi mata pelajaran yang memerlukan keahlian dan ketelitian lebih. Tak sedikit orang menganggap matematika sebagai sosok yang menakutkan yang pada akhirnya menjauhinya. Hal tersebut menjadi salah satu masalah terbesar untuk anak-anak di sekolah mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Untuk itu diperlukan kiat-kiat khusus agar pelajaran Matematika menjadi pelajaran yang disenangi. Disinilah peran guru sangat diperlukan, bagaimana membuat matematika menjadi pelajaran yang sangat menyenangkan.

    Selengkapnya