Berita Pendidikan

  • 52% Lulusan UPN Veteran Yogyakarta Cumlaude

    52% Lulusan UPN Veteran Yogyakarta Cumlaude

    UPN Veteran Yogyakarta kembali menggelar wisuda untuk program diploma, sarjana, dan magister periode ke 4 TA 2018/2019 di auditorium kampus setempat , Sabtu (13/7). Dalam wisuda tersebut, sebanyak 788 wisuda dinyatakan lulus, 411 orang atau 52 % diantaranya berpredikat cumlaude.

    Selengkapnya


  • Revolusi Industri 4.0, Pariwisata Menjadi Sektor yang Diuntungkan

    Revolusi Industri 4.0, Pariwisata Menjadi Sektor yang Diuntungkan

    Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta mewisuda 1.162 mahasiwanya, Kamis (11/7)., di kampus utama Banguntapan Bantul Yogyakarta. Lulusan tersebut, disiapkan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, yang saat ini sudah masuk dalam semua aspek kehidupan.

    Selengkapnya


  • Komit Kampus Bebas Rokok, UMY Luncurkan Program Senyaman Teman

    Komit Kampus Bebas Rokok, UMY Luncurkan Program Senyaman Teman

    Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendeklarasikan diri sebagai kampus bebas rokok, dengan meluncurkan program Senyaman Teman, akronim dari Sehat, Nyaman, Tertib, Aman. Deklrasi tersebut bersamaan dengan Peringatan Hari Anti Tembakau Sedunia yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan RI bekerja sama dengan Muhammadiyah Tobbaco Control Center (MTCC) UMY, sekaligus menjadi komitmen UMY dalam upayanya mengurangi permasalahan perokok di Indonesia yang semakin hari semakin meningkat.

    Selengkapnya


  • Relevansi Metode Sariswara Ki Hajar Dewantoro

    Ki Hajar Dewantoro dikenal sebagai Bapak Pendidikan, dan banyak meninggalkan metode pebelajaran bagi pendidikan generasi muda. Salah satunya adalah metode sariswara yang merupakan gabungan dari lagu-bahasa-citra. Metode ini dinilai bagus diterapkan pada generasi usia tiga hingga Sembilan tahun, atau yang disebut sebagai masa puber satu. Sebab, menurut penuturan pamong tamansiswa, Cak Lis, metode ini dapat menjadi bekal bagi anak anak untuk mengolah rasa.

    Selengkapnya


  • Olahan Jahe Merah Penurun Hipertensi

    Olahan Jahe Merah Penurun Hipertensi

    Yogya (RE) - Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Fakultas Kedokteran Hewan, Nada Hanifah dan Yusuf Farid Achmad, bekerja sama dengan mahasiswa Fakultas Farmasi, Aida Humaira ciptakan inovasi olahan jahe merah sebagai alternatif pengobatan penyakit ginjal. Olahan jahe merah berbentuk cair ini diberi nama Zaha yang merupakan sebuah formula yang dapat digunakan sebagai agen penghambat penyakit ginjal kronis dengan faktor resiko hipertensi.

    Selengkapnya


  • Inovasi Mesin Pemilah Sampah Otomatis

    Inovasi Mesin Pemilah Sampah Otomatis

    Yogya (RE) - Tiga orang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) membuat inovasi mesin pemilah sampah otomatis. Mesin tersebut diberi nama GEMPILAH yang merupakan singkatan dari Gerakan Memilah Sampah. Alat ini telah dikembangkan selam tiga bulan, di bawah bimbingan Drs. Iqmal Tahir, M.Si, melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) dan juga berhasil mendapatkan dana hibah kemenrisetdikti.

    Selengkapnya