Berita Pendidikan

  • Platform Merdeka Mengajar Jangkau Hingga Daerah 3T

    Platform Merdeka Mengajar Jangkau Hingga Daerah 3T

    Yogya (RE) - Sejumlah tenaga pendidik di wilayah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar (3T) merasakan manfaat dari Platform Merdeka Mengajar (PMM). Para guru mengaku terbantu dengan platform tersebut.

    Selengkapnya


  • Rapat Koordinasi Teknis Sekolah Penggerak, Upaya BBGP DIY Menyelesaikan Permasalahan

    Yogya (RE) - Guna berupaya untuk menyelesaikan permasalahan terkait Program Sekolah Penggerak (PSP), Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selenggarakan rapat koordinasi teknis sekolah penggerak angkatan 2 wilayah DIY dan DKI Jakarta.

    Selengkapnya


  • Pokja Transformasi Digital BBGP DIY Selenggarakan Kegiatan Analisis Kebutuhan Model Media Pembelajaran

    Pokja Transformasi Digital BBGP DIY Selenggarakan Kegiatan Analisis Kebutuhan Model Media Pembelajaran

    Yogya (RE) - Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Kelompok Kerja (Pokja) Transformasi Digital menyelenggarakan kegiatan Analisis Kebutuhan Model/Media Pembelajaran.

    Selengkapnya


  • Gelorakan Semangat Kolaborasi Penerapan MBKM Melalui Kampus Merdeka Fair 2022

    Gelorakan Semangat Kolaborasi Penerapan MBKM Melalui Kampus Merdeka Fair 2022

    Yogya (RE) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan rangkaian Kampus Merdeka Fair di enam kota di Indonesia. Kampus Merdeka Fair pertama diselenggarakan di Kota Padang, tanggal 8-9 Oktober 2022, dengan Universitas Negeri Padang sebagai tuan rumah dan dihadiri oleh insan perguruan tinggi, mitra industri, mahasiswa dan perwakilan program unggulan Kampus Merdeka.

    Selengkapnya


  • Kemendikbudristek: Pengajuan Kuota Guru ASN PPPK Tahun 2022 Meningkat 143 Persen

    Kemendikbudristek: Pengajuan Kuota Guru ASN PPPK Tahun 2022 Meningkat 143 Persen

    Yogya (RE) - Pengajuan kuota guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN-PPPK) pada tahun 2022 mengalami peningkatan sebanyak 143 persen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajukan formasi guru ASN PPPK untuk tahun 2022 sebanyak lebih dari 319 ribu kuota. Jumlah tersebut meningkat dari pengajuan sebelumnya yang hanya 131 ribu.

    Selengkapnya


  • Keberagaman Budaya Indonesia dalam Semangat Nasionalisme

    Keberagaman Budaya Indonesia dalam Semangat Nasionalisme

    Yogya (RE) - Indonesia memiliki warisan budaya yang kaya. Wilayah kepulauan yang membentang dari Sabang hingga Merauke membuat Indonesia memiliki keragaman budaya dari berbagai suku bangsa. Berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, ada lebih dari 300 kelompok etnik atau 1.340 kelompok suku bangsa di Indonesia. Keanekaragaman ini mencetuskan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu. Meski memiliki aneka ragam suku, budaya, agama, dan golongan, Indonesia tetaplah satu kesatuan. Semboyan tersebut mengukuhkan bahwa sejatinya keragaman yang ada di negeri kita ini merupakan kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

    Selengkapnya