Berita Pendidikan

  • Keadilan Restoratif Jadi Alternatif Penyelesaian Kasus Tindak Pidana Ringan

    Keadilan Restoratif Jadi Alternatif Penyelesaian Kasus Tindak Pidana Ringan

    Yogya (RE) - Berangkat dari kekecewaan yang tumbuh di masyarakat bahwa sistem hukum di Indonesia yang dinilai mencederai rasa keadilan, restorative justice atau keadilan restoratif menjadi alternatif penyelesaian kasus tindak pidana ringan untuk mewujudkan keadilan hukum yang lebih memanusiakan manusia di hadapan hukum. Hal ini disampaikan Koordinator Direktorat Orang dan Harta Benda (Oharda) Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI), Zet Tadung Allo, dalam seminar nasional yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Sabtu (02/04) secara daring melalui zoom meeting.

    Selengkapnya


  • Perpustakaan UNY Meraih Akreditasi A Dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

    Perpustakaan UNY Meraih Akreditasi A Dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

    Yogya (RE) - Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih akreditasi A oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Akreditas ini berlaku hingga 9 Desember 2026.

    Selengkapnya


  • Jadi Pembicara di UII, Gubernur Jabar Ajak Mahasiswa Wujudkan Indonesia Maju 2045

    Jadi Pembicara di UII, Gubernur Jabar Ajak Mahasiswa Wujudkan Indonesia Maju 2045

    Yogya (RE) - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil hadir sebagai pembicara pada Diskusi Civitas Akademika Universitas Islam Indonesia (UII). Diskusi ini bertajuk "Peran Pemuda Intelektual Muslim Membangun Negeri yang Berprestasi" di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa (5/4/2022) sore.

    Selengkapnya


  • Aksi Klitih Kembali Marak, Gubernur DIY Minta Proses Hukum Tanpa Pandang Umur

    Aksi Klitih Kembali Marak, Gubernur DIY Minta Proses Hukum Tanpa Pandang Umur

    Yogya (RE) - Kasus kejahatan jalanan yang dilakukan sekelompok remaja di bawah umur atau yang biasa disebut klitih di Yogyakarta masih marak. Terakhir, seorang pelajar SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta menjadi korbannya dan meninggal dunia saat akan mencari sahur di Jalan Gedongkuning, Minggu (3/4/2022). Menanggapi hal tersebut, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, meminta pelaku kejahatan jalanan diproses hukum tanpa tebang pilih.

    Selengkapnya


  • Menko PMK Dukung Reog Ponorogo Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

    Menko PMK Dukung Reog Ponorogo Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

    Yogya (RE) - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mendukung pengusulan kesenian Reog Ponorogo kepada Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa (UNESCO) sebagai warisan budaya tak benda Indonesia.

    Selengkapnya


  • Luncurkan Layanan Bus Trans Gadjah Mada, Rektor UGM: Menyediakan Transportasi Ramah Lingkungan

    Luncurkan Layanan Bus Trans Gadjah Mada, Rektor UGM: Menyediakan Transportasi Ramah Lingkungan

    Yogya (RE) - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Panut Mulyono, meluncurkan dua bus listrik sebagai transportasi ramah lingkungan internal kampus, Jumat (1/4) di Balairung Kampus UGM. Bus listrik yang bernama Trans Gadjah Mada ini akan beroperasi di dua jalur yakni kawasan timur dan barat kampus UGM. Setiap hari kedua bus ini akan mengelilingi area kampus yang didukung oleh 35 halte dan terintegrasi dengan jalur pedestrian, stasiun sepeda, kantong parkir dan beberapa halte Trans Jogja.

    Selengkapnya