Berita Pendidikan

  • Bahasa Indonesia Sebagai Nafas Kebinekaan Indonesia

    Bahasa Indonesia Sebagai Nafas Kebinekaan Indonesia

    Yogya (RE) - Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai pulau yang terpisah oleh laut. Kondisi geografis tersebut berdampak pada pengembangan kebiasaan, adat istiadat, dan budaya masyarakat di pulau masing-masing. Hal tersebut menyebabkan adanya keberagaman suku bangsa. Masing-masing suku bangsa berkomunikasi dengan bahasa yang berbeda. Bahasa yang digunakan biasanya merupakan bahasa yang sudah ada sejak lama. Sehingga munculah bahasa yang beragam yang kemudian disebut sebagai bahasa daerah.

    Selengkapnya


  • Kemendikbudristek Dorong Peran Pimpinan Tinggi Tingkatkan Inovasi dan Transformasi Birokrasi

    Kemendikbudristek Dorong Peran Pimpinan Tinggi Tingkatkan Inovasi dan Transformasi Birokrasi

    Yogya (RE) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim hari ini, Selasa (4/10) melantik pejabat pimpinan tinggi madya, pemimpin Perguruan Tinggi Negeri, dan pejabat Fungsional Ahli Utama di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

    Selengkapnya


  • Profil Pelajar Pancasila Dalam Menjaga Kebhinekaan Indonesia

    Profil Pelajar Pancasila Dalam Menjaga Kebhinekaan Indonesia

    Yogya (RE) - Pada era modern kali ini kehidupan sosial menjadi global. Tidak lagi terbatas oleh sekat wilayah. Hal ini dapat berpengaruh pada perubahan karakter anak-anak Indonesia. Mereka dapat mengakses informasi dunia luar. Sehingga mereka dapat mengetahui kebudayaan dari luar Indonesia lebih mudah. Pengaruh kebudayaan luar bisa berdampak positif dan negatif. Sehingga perlu adanya pendidikan karakter untuk menjaga dari dampak negatif yang muncul, salah satunya perubahan gaya hidup remaja saat ini, yang dianggap tidak berkarakter Pancasila. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program Profil Pelajar Pancasila.

    Selengkapnya


  • Puluhan Peserta Penerima Program Arigatou Fellowship Ikuti Lokakarya Regional Pendidikan Etika

    Puluhan Peserta Penerima Program Arigatou Fellowship Ikuti Lokakarya Regional Pendidikan Etika

    Yogya (RE) - Arigatou International bekerja sama dengan Guerrand-Herm├Ęs Foundation for Peace, Global Humanity for Peace Institute, the Higher Committee for Human Fraternity, King Abdullah Bin Abdulaziz International Dialogue Centre (KAICIID), UNESCO Regional Office for Eastern Africa dan UNESCO New Delhi Cluster Office menyelenggarakan Lokakarya Regional Pendidikan Etika di Yogyakarta, pada 2-9 Oktober 2022.

    Selengkapnya


  • Mendikbudristek: Jadikan Nilai Pancasila sebagai Petunjuk dan Tujuan Hidup

    Mendikbudristek: Jadikan Nilai Pancasila sebagai Petunjuk dan Tujuan Hidup

    Yogya (RE) - Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila (Hapsak) tahun 2022, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai petunjuk dan tujuan hidup sehari-hari rakyat Indonesia.

    Selengkapnya


  • Kemendikbudristek: Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka Sepanjang Tahun

    Kemendikbudristek: Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka Sepanjang Tahun

    Yogya (RE) - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sepanjang tahun. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Abdul Kahar. Ia menjelaskan, KIP Kuliah bertujuan membantu mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik akan tetapi secara ekonomi perlu dibantu.

    Selengkapnya